Menebak Kejutan di Google I/O

Menebak Kejutan di Google I/O

- detikInet
Senin, 23 Jun 2014 13:26 WIB
San Francisco - Dalam beberapa hari ke depan, ajang tahunan Google I/O resmi digelar. Di sini biasanya Google akan memerkan konsep teknologi mereka di masa depan. Hmm... kira-kira apa saja ya?

Google I/O rencananya akan diselenggarakan di San Francisco, Amerika Serikat pada 25-27 Juni 2014. Jauh sebelum acara tersebut dilangsungkan ternyata sudah cukup banyak gosip mengenai apa saja yang akan diumumkan Google nantinya.

Jam Tangan Pintar

Wearable device seperti jam tangan pintar, atau kacamata pintar mulai populer. Google sendiri sudah punya Google Glass dengan sistem operasi Android, tinggal jam tangan saja yang sepertinya tinggal menunggu waktu.

Google I/O dipercaya sebagai momentum kelahiran jam tangan pintar Google. Bahkan jauh-jauh hari raksasa internet tersebut sudah membeberkan Android Wear, sistem operasi khusus untuk jam tangan pintar.

Tak seperti Android lainnya yang terkesan dipaksa masuk ke dalam jam tangan, sistem operasi anyar ini memang dirancang untuk berbagai perangkat, bisa untuk jam tangan, kacamata, dan lainnya.

Dengan menggunakan perangkat berbasis Android Wear, para pengguna bisa mendapatkan berbagai informasi melalui pergelangan tangan, mulai dari cuaca, tempat menarik di sekitar, atau pun mengakses jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter.

Tapi jangan dulu menganggap apa yang ditampilkan bakal mirip dengan yang ada pada smartphone. Notifikasi dan animasi yang ditampilkan sangat berbeda. Wajar, karena memang ini semua dirancang untuk jam tangan yang berkuran mungil.

Fitur lain yang ditawarkan adalah untuk memantau kebugaran pengguna. Secara default, Android Wear bisa dipakai untuk mengkalkulasi seberapa cepat Anda berjalan, atau juga jarak tempuh yang sudah dilakukan.





Perangkat Kesehatan

Melalui iOS 8 Apple akan mulai serius memasukan fitur-fitur penunjang kesehatan bagi para penggunanya. Google pun diprediksi akan melakukan hal serupa melalui Android terbaru.

Menurut Forbes, Google punya fitur yang mereka sebut Google Fit, sebuah fungsi yang memungkinkan sistem untuk merekam jejak medis para penggunanya. Kabarnya fitur ini akan terintegrasi dengan sistem operasi Android Wear.

Semua data yang direkam Google Fit akan dikirimkan ke sistem Google untuk diolah, hasilnya kemudian dikirim ke pengguna untuk dijadikan bahan rujukan mengenaik kondisi kebugaran dirinya saat itu.

Android 5.0

Beberapa waktu lalu Google sempat membocorkan Android 5.0 lewat screenshot Goolgle Now piala dunia, dan Google I/O tampaknya akan menjadi saat yang tepat untuk memperkenalkan sistem operasi itu secara resmi.

Salah satu fitur yang konon akan ada di Android 5.0 adalah dukungan terhadap arsitektur 64 bit. Isu ini seakan diperkuat oleh kabar Qualcomm yang sudah menyiapkan chip Snapdragon 808 dan 810 64 bit untuk Android.

Meski demikian ketersediaan ponsel Android dengan sistem operasi 64 bit diprediksi masih cukup lama. Pasalnya, Qualcomm baru akan memasarkan chip tersebut pada awal 2015.

Televisi Android

Memang, sekarang sudah ada televisi yang menggunakan sistem operasi Android, tapi itu bukan dari Google. Melainkan hasil kreativitas si produsen televisi.

Menurut The Verge Google sedang mempersiapkan divisi khusus untuk perangkat hiburan, dan televisi masuk di antara jajaran produk yang mereka kembangkan.

Kabar Google yang akan memperkenalkan televisi Android di ajang Google I/O pun semakin beralasan. Karena di Amerika Serikat sana Amazon sudah lebih dulu mengeluarkan televisi pintar bernama Fire TV. Pastinya Google tak mau tertinggal bukan?

Itulah segelintir bocoran yang berhasil dirangkum detikINET, Senin (23/6/2014). Dan bukan tidak mungkin, akan masih ada berbagai hal lain yang mungkin sedang disiapkan Google sebagai kejutan.



(eno/ash)