Kampanye Iklan Nokia Lumia 'Serang' Samsung

Kampanye Iklan Nokia Lumia 'Serang' Samsung

- detikInet
Rabu, 11 Apr 2012 15:32 WIB
Lumia 900 (ist)
India - Nokia sedang berusaha mengangkat popularitas Windows Phone yang kini menjadi andalan mereka di pasar smartphone. Salah satunya dengan meluncurkan kampanye iklan agresif menyasar salah satu rival utamanya, Samsung.

Di India, produsen ponsel asal Finlandia ini meluncurkan kampanye iklan bertajuk 'Blown Away by Lumia'. Di negeri itu, handset Nokia Lumia memang harus menantang dominasi Android yang menguasai pangsa pasar.

Dalam videonya di YouTube, pihak Nokia merekam tantangan yang mereka berikan pada para pengguna handset pesaing, terutama Samsung. Nokia Lumia diadu dengan handset Samsung dalam soal kecepatan internet dan kemudahan akses jejaring sosial.

Jika Lumia menang pertarungan, maka pengguna ponsel yang kalah harus mengangkat spanduk bertuliskan 'ponselku baru saja dikalahkan Nokia Lumia'. Dalam video ini misalnya, pengguna Samsung terpaksa mengakui keunggulan Lumia.

Nokia mengklaim di sebagian besar tantangan, Nokia menang. "Lumia 800 jadi pemenang dengan persentase 94% dari 104 total tantangan. Tantangan ini tidak dibuat untuk menyasar kompetitor namun menyorot kemampuan media sosial di perangkat ini," klaim Direktur Marketing Nokia India, Viral Oza.

Samsung sendiri menunjukkan ketidaksukaannya terhadap kampanye Nokia tersebut. Terlebih ponsel yang ditantang adalah model populer Samsung di India. "Kampanye ini benar-benar tidak etis," kata juru bicara Samsung India.

Dikutip detikINET dari Economic Times, Rabu (11/4/2012), Samsung dilaporkan menguasai pasar smartphone India dengan pangsa pasar 44,47% di bulan Februari 2012. Sebelumnya, Nokia memegang posisi nomor satu di sana.

(fyk/ash)