Kamis, 09 Feb 2012 15:04 WIB

Google Drive Siap Goyang Dropbox

- detikInet
Jakarta - Layanan penyimpanan online seperti Dropbox dan Box.net sebentar lagi akan mendapat pesaing baru. Tak tanggung-tanggung, pesaing ini berasal dari raksasa teknologi Google.

Dilaporkan, Google akan segera merilis Google Drive. Rumor mengenai layanan penyimpanan online berbasis cloud tersebut sendiri dengungnya sudah terdengar lama.

Seperti layanan yang dibuat oleh startup asal Sillicon Valley lainnya, Google Drive juga memungkinkan orang untuk menyimpan foto, dokumen dan video di 'awan'. Google akan mewadahi file-file tersebut di servernya sehingga orang bisa dengan mudah berbagi file ke orang lain.

Kehadiran Google Drive merespon perkembangan piranti mobile yang terkoneksi dengan internet seperti smartphone dan tablet. Selain itu, kelahiran cloud computing turut menjadi pertimbangan Google dalam merilis calon produk barunya ini.

Salah satu yang dijagokan dari model penyimpanan online ialah kemudahan dalam mengakses file yang telah tersimpan, dari piranti yang berbeda-beda. Dikutip dari WSJ, Kamis (9/2/2012), perilisannya akan dilakukan mungkin pada beberapa minggu atau bulan ke depan.

Layanan itu akan digratiskan bagi sebagian besar konsumen dan pelaku bisnis, namun bagi yang menginginkan kapasitas tambahan, ia akan dikenai biaya.

Selain akan bersaing dengan Dropbox dan Box.net, Google juga harus siap menghadapi kompetisi dengan iCloud besutan Apple. Google sendiri sudah memiliki 'amunisi' untuk menyukseskan layanannya tersebut.

Infrastruktur cloud yang kuat untuk penyimpanan dan penyokong semua layanannya sudah ia miliki. Infrastruktur ini mensupport pencarian web mereka, situs YouTube dan berbagai aplikasi web seperti Google Docs.




(sha/ash)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed