Kalahkan Galaxy Tab, HP TouchPad Buntuti iPad

Kalahkan Galaxy Tab, HP TouchPad Buntuti iPad

- detikInet
Rabu, 23 Nov 2011 09:54 WIB
Washington - Komputer tablet HP TouchPad yang kini sudah dihentikan produksinya mencetak penjualan signifikan. Tablet yang didiskon besar-besaran itu hanya kalah dari iPad dalam hal jumlah unit penjualan di Amerika Serikat.

Riset dari NPD Group menyebutkan TouchPad memilki pangsa pasar 17% dan terjual 1,2 juta unit pada periode Januari sampai Oktober 2011. Tablet ini bahkan mengalahkan Samsung Galaxy Tab yang punya market share 16% di negeri Paman Sam itu.

Berada di posisi berikutnya adalah Asus dengan market share 10%, diikuti Motorola dengan 9%. Persentase tersebut dihitung dari penjualan seluruh tablet yang bukan Apple iPad.

Seperti dikutip detikINET dari AFP, Rabu (23/11/2011), Apple iPad sendiri memang masih sangat perkasa. Pada kuartal 3 2011 saja, tablet ini telah terjual sebanyak 11,12 juta unit.

HP TouchPad yang berbasis WebOS awalnya ditanggapi buruk oleh pasar pada awal penjualan yang memaksa HP menghentikan produksinya pada 18 Agustus lalu. Harga TouchPad lalu didiskon besar-besaran untuk menghabiskan stok, hanya dijual USD 99. Wajar jika tablet ini laris manis.

Di sisi lain meski masih melenggang sendirian sebagai penguasa, iPad bukannya tanpa ancaman. Para rival seperti ablet Amazon Kindle Fire misalnya, mulai mendapat banyak perhatian. Survei dari ChangeWave Research mengungkap sekitar 22% konsumen tablet akan membeli Kindle Fire.


(fyk/fyk)