Selasa, 15 Nov 2011 13:44 WIB

Nokia Masih Ungguli BlackBerry di Indonesia

- detikInet
Jakarta - Pengguna BlackBerry memang semakin menjamur di Indonesia. Namun rupanya, Nokia selaku penguasa lama masih bercokol di posisi paling top di antara pengguna smartphone Tanah Air.

Kesimpulan ini didapat perusahaan analis Nielsen setelah menggelar survei pada konsumen digital Indonesia di beberapa kota seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan Yogyakarta. Konsumen digital didefinisikan Nielsen sebagai mereka yang berusia 15 tahun ke atas dan memakai internet dalam 4 minggu di bulan Oktober lalu.

Hasilnya, 38% responden mengaku memakai smartphone alias ponsel cerdas. Dari jumlah tersebut, 41% mengaku memakai merek Nokia. Baru di belakangnya diikuti BlackBerry dengan raihan 21% dibuntuti oleh Samsung dengan 9%.

Bahkan Nokia diprediksi masih bisa mempertahankan keunggulannya ini sampai tahun mendatang. Sepertinya nama brand ini masih merakyat di masyarakat Indonesia.

"Nokia diprediksi masih akan memimpin pada tahun 2012 mendatang, tetap diikuti oleh BlackBerry," ujar Viraj Juthani, Director of Telecom Practice Nielsen di Mayapada Tower, Jakarta, Rabu (15/11/2011).

Penetrasi smartphone sendiri diprediksi akan makin naik. Pada pertengahan 2012, adopsi smartphone di kalangan konsumen digital Indonesia diproyeksi naik menjadi 67%.

Surevi ini juga mengungkap 91% responden memakai ponsel, baik yang smartphone atau feature phone. Dari jumlah tersebut, 78% di antaranya bisa mengakses internet.




(fyk/ash)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com