Nokia 600 'Dibunuh' Sebelum 'Berperang'

Nokia 600 'Dibunuh' Sebelum 'Berperang'

- detikInet
Senin, 07 Nov 2011 11:57 WIB
Jakarta - Kabar mengejutkan datang dari Nokia. Di mana salah satu ponsel anyar mereka, Nokia 600 dilaporkan telah dibatalkan kehadirannya. Padahal, perangkat ini baru sekadar dipamerkan, belum resmi dipasarkan ke publik.

Tidak disebutkan apa alasan 'dibunuhnya' Nokia 600 sebelum 'bertempur' di medan persaingan industri ponsel. Vendor asal Finlandia ini pun tidak secara resmi memberikan pernyataannya, melainkan cuma lewat Facebook.

"Intinya adalah, setelah berbagai pertimbangan, kami memutuskan untuk tidak mengapalkan Nokia 600," tulis akun Facebook Nokia yang mengomentari sebuah postingan, dan dikutip detikINET, Senin (7/11/2011).

Entah 'pertimbangan' apa yang dimaksud. Namun dalam postingan selanjutnya, Nokia menghimbau user untuk tidak mempermasalahkan hal ini dan menawarkan mereka ponsel dengan OS Symbian Belle yang lain.

"Kami menyayangkan kekecewaan Anda. Namun kami tetap melanjutkan portofolio produk yang dapat menawarkan ponsel-ponsel terbaik kepada Anda. Dan meski Nokia 600 batal dikapalkan, Anda sudah dapat mulai membeli Nokia 701, Nokia 700, dan Nokia 603, yang semuanya menjalankan OS Symbian Belle," lanjut postingan Nokia.

Nokia 600 merupakan ponsel berlayar sentuh kapasitif yang memiliki berat 100 gram dan bentang layar 3,2 inch. Perangkat ini cukup tangguh dengan dibenamkan prosesor berkekuatan 1 GHz.

Ponsel dengan kamera 5 megapixel dan mampu merekam video high definition ini dibanderol di harga 260 euro.

Satu hal menarik dari perangkat ini adalah sudah dibenamkannya Near Field Communication (NFC). Teknologi baru ini merupakan pengembangan dari teknologi kartu Radio Frequency Identification (RFID). Sebuah teknologi yang memungkinkan perangkat-perangkat tersebut bisa terkoneksi tanpa bantuan alat lainnya.

Cukup ditempelkan maka smartphone atau perangkat yang sudah support NFC tersebut bisa langsung terkoneksi dan dapat berkirim file, gambar, lagu, dan lainnya.

Bersama Nokia 700, Nokia 600 sedianya telah disebut-sebut bakal mendarat di Indonesia pada kuartal IV 2011. Keduanya mengusung OS Symbian Belle yang merupakan OS penerus dari Symbian Anna.

Ada perbedaan yang cukup signifikan dengan versi Symbian Anna. Beberapa di antaranya adalah homescreen di Belle berjumlah enam, sedangkan Anna hanya memiliki tiga. Selain itu, desain homescreen lebih intuitif dengan banyak pilihan widget baru.

Berikutnya adalah menu notifikasi yang lebih dinamis. Cukup dengan menempelkan jari dan seret ke bawah bagian atas layar maka akan tampak semua notifikasi. Fitur ini hampir sama dengan yang ada di Android.


(ash/fyk)