Safari Apple Rajai Pasar Browser Mobile

Safari Apple Rajai Pasar Browser Mobile

- detikInet
Senin, 05 Sep 2011 14:17 WIB
Jakarta - Safari Apple saat ini mendominasi pangsa pasar browser versi mobile. Sekitar 53 persen pasar ini diklaim dikuasai Safari di bulan Agustus.

Laporan yang dihimpun firma analisa web Net Applications menyebutkan, Safari mengalahkan kompetitornya yang selama ini menjadi penguasa browser mobile, yakni Opera Mini yang hanya mendapat porsi 20,77 persen. Di posisi ketiga ada browser Android yang mencuri perhatian dengan persentase 15,73 persen.

Browser Android tentu saja dinilai menarik karena menampakkan tingkat pertumbuhan yang kuat hampir sebesar 50 persen dalam dua tahun terakhir. Demikian seperti dikutip detikINET dari Cnet, Senin (5/9/2011).

Di bawahnya, berturut-turut ada browser Symbian yang mencatat porsi 5,8 persen, BlackBerry dengan 2,9 persen dan di posisi buncit yang ditempati Internet Explorer dengan persentase 0,44 persen saja.

Dominasi browser mobile Apple ini didongkrak oleh kepopuleran iPhone dan iPad yang di dalamnya terdapat browser tersebut. Sementara Android sendiri didukung oleh maraknya handset dan tablet berbasis Android yang kian banyak digunakan.


(rns/ash)