Lenovo akan Gabungkan Kekuatan dengan NEC?

Lenovo akan Gabungkan Kekuatan dengan NEC?

- detikInet
Minggu, 23 Jan 2011 09:33 WIB
Jakarta - Vendor PC asal China Lenovo dikabarkan siap menggabungkan kekuatan dengan produsen PC asal Jepang NEC untuk bersaing mengalahkan para kompetitor mereka.

Diberitakan oleh Wall Street Journal dan dikutip detikINET, Minggu (23/01/2011), keduanya kini tengah dalam tahap akhir diskusi untuk bekerjasama dalam bisnis komputer.

Namun juru bicara Lenovo masih belum mau memberikan keterangan terkait pemberitaan ini. "Kami tidak akan mengomentari rumor atau spekulasi soal ini," ujar juru bicara Lenovo.

Berdasarkan data firma riset IDc, pada 2009 Lenovo memegang sekitar delapan persen pangsa pasar PC secara global, menjadikannya berada di urutan ke empat setelah Hewlett-Packard, Dell dan Acer.

NEC, memang masih berada di urutan ke-12 pada 2009 dengan pangsa pasar hanya 0,9 persen. Namun yang membuat Lenovo meliriknya, NEC menjadi produsen PC besar di negara asalnya, Jepang.

Para analis menilai, kerjasama ini bagi NEC akan menjadi langkah penting dalam upayanya mengatur strategi operasionalnya dan lebih berkonsentrasi pada investasi di bisnis informasi dan komunikasi, seperti cloud computing dan infrastruktur generasi terbaru.

(rns/eno)