RIM: Masa Depan BlackBerry Ada di Tablet

RIM: Masa Depan BlackBerry Ada di Tablet

- detikInet
Rabu, 08 Des 2010 09:33 WIB
Jakarta - Research In Motion (RIM) tidak tanggung-tanggung dalam melahirkan tablet BlackBerry PlayBook. Nantinya, sistem operasi PlayBook akan merambah handset BlackBerry juga.

Mike Lazaridis, Co-CEO RIM, mengatakan bahwa platform PlayBook akan digunakan pada ponsel BlackBerry. Terutama di masa depan, ketika ponsel menjalankan prosesor multi-core yang makin kompleks.

"Dengan fokus pada pasar tablet, kami melihat kesempatan untuk mengarahkan smartphone ke mana saja," ujar Lazaridis dalam konferensi 'D: Dive into Mobile' di San Francisco, yang dikutip detikINET dari Reuters, Rabu (8/12/2010).

Meski demikian, Lazaridis tidak mengatakan kapan tepatnya BlackBerry akan memakai sistem operasi dari PlayBook. "Ketika semua menggunakan prosesor multi-core, semua akan menjalankan platform PlayBook," ia menambahkan.

Rencananya, PlayBook akan hadir pada awal 2011. Meski RIM belum menyatakan target mereka, analis independen memperkirakan pengapalan PlayBook akan mencapai 2-4 juta unit dalam setahun.

PlayBook menjalankan sistem operasi bernama BlackBerry Tablet OS. Sistem ini dikembangkan dari QNX, sebuah sistem operasi microkernel yang diakuisisi RIM pada pertengahan 2010.

(wsh/wsh)