Minggu, 10 Okt 2010 09:22 WIB

Adobe AIR Mendarat di Android

- detikInet
Jakarta - Adobe AIR akhirnya mendarat di platform Android. Dengan ini, pengembang yang menggunakan Flash Builder atau Flash Professional CS5, dapat mem-publish aplikasi berbasis AIR secara langsung ke Android Market.

Sebagai informasi, Adobe Integrated Runtime atau AIR adalah perangkat (runtime environment) antar-platform untuk membangun aplikasi internet dengan konten lebih bervariasi menggunakan Adobe Flash, Adobe Flex, HTML, dan AJAX. Beberapa aplikasi dekstop yang populer menggunakan AIR ini di antaranya TweetDeck atau Flickr Desktop Search.

Untuk menjalankan AIR, para pengembang minimal harus menjalankan Android 2.2 Froyo atau versi yang lebih baru lagi.

Seperti dikutip detikINET dari Digitaltrends, Minggu (10/10/2010), secara tak langsung hal ini bakal membuka pangsa pasar aplikasi Android lebih luas lagi. Pasalnya Android Market pun butuh banyak aplikasi yang hadir dengan rich content dari para pengembang Flash.

Kabar baik bagi para pengembang Flash tentunya. Sayangnya, paket AIR desktop-oriented (.air) masih belum kompatibel pada Android. Adobe masih membenahi beberapa bagian dengan melakukan tes oleh beberapa pengembang Flash.

(fw/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed