Jumat, 08 Nov 2019 06:04 WIB

Bill Gates Kembali Nyinyir Pada Android

Fino Yurio Kristo - detikInet
Bill Gates. Foto: Reuters Bill Gates. Foto: Reuters
Jakarta - Sistem operasi Windows Mobile pernah jadi harapan besar Microsoft untuk menguasai industri ponsel, tapi kalah telak dari Android. Menurut Bill Gates, ceritanya bisa berbeda.

Dikutip detikINET dari CNBC, Gates menyebut Microsoft dulu jadi kurang fokus menggarap Windows Phone lantaran direpotkan kasus monopoli. Pada tahun 1998, Departemen Kehakiman menyeret Microsoft ke pengadilan lantaran tudingan penyalahgunaan posisi dominan di pasar PC.

"Tak diragukan bahwa gugatan monopoli buruk buat Microsoft dan (jika tak begitu-red) kami akan lebih fokus membuat sistem operasi," cetus Gates dalam sebuah konferensi di New York.


"Jadi ketimbang menggunakan Android, kalian akan memakai Windows Mobile jika tidak ada kasus tersebut," yakinnya.

Meski ada kasus itu, Microsoft tetap dominan soal bisnis sistem operasi PC. Akan tetapi, OS di ranah mobile didominasi Android dan iOS. Windows Mobile yang kemudian berubah jadi Windows Phone benar-benar kalah total.

"Kami sudah sangat dekat. Aku terlalu terganggu. Aku mengacaukannya karena terdistraksi," sebut Gates, menyesali potensi Windows Mobile tak terpenuhi.

Sebelumnya, Gates sudah pernah menyebut bahwa penyesalan terbesarnya adalah memberi kesempatan Google meluncurkan Android yang pada prosesnya tak mampu ia saingi.


"Kesalahan terbesarku adalah... kesalahan manajemen apapun yang kulakukan yang menyebabkan Microsoft tidak bisa jadi seperti Android," ujar Gates.

"Secara terperinci, Android dalam konteks platform standar di ponsel, yang bukan Apple. Itu merupakan sesuatu posisi alamiah yang ingin ditempati oleh Microsoft sebagai pemenang," ucapnya.

Simak Video "Otak Genius Bill Gates Layaknya ''Multiprocessor''"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)