Minggu, 06 Jan 2019 14:16 WIB

Masalah Apple Adalah Harga iPhone yang Selangit

Agus Tri Haryanto - detikInet
iPhone XS Max. Foto: detikINET/Adi Fida Rahman iPhone XS Max. Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Jakarta - Awan mendung menyelimuti Apple dalam beberapa hari terakhir ini. Solusi efektif untuk mengatasi permasalah di perusahaan tersebut adalah menurunkan harga jual iPhone!

Sudah menjadi rahasia umum, Apple menjadi produsen smartphone yang gemar merilis iPhone dengan harga selangit. Sedangkan di sisi lain, spesifikasi yang ditawarkan pada produknya tak begitu banyak perubahan.

Sebut saja iPhone XR, iPhone generasi anyar yang paling murah saja 7% lebih mahal daripada iPhone 8 yang dirilis pada tahun 2017.



Bahkan, pada tahun kemarin, perusahaan yang berbasis di Cupertino, Amerika Serikat itu menghadirkan iPhone XS Max 512 GB yang bisa dibanderol sampai angka Rp 30 jutaan. Sebuah smartphone paling mahal yang ada di pasaran.

Harga jual iPhone yang selangit, terasa tak ada 'rasanya' bagi orang Amerika, mengingat berkah dollarnya menguat. Sementara itu, imbasnya di pasar luar negeri Paman Sam, harga segitu tentu sangat mencekik.

Masalah Apple Adalah Harga iPhone yang SelangitiPhone XR. Foto: detikINET/Adi Fida Rahman


Sejauh ini, CEO Apple Tim Cook mengatakan, pendapatan perusahaan pada kuartal pertama 2019 meleset dari target, akibat dampak dari perang dagang antara Amerika Serikat dengan China. Situasi di China juga ekonominya sedang tidak membaik.

Cook tidak menyebutkan bahwa selama ini Apple kian mematok harga tinggi tiap kali memasarkan produk iPhone terbarunya ke pasaran.

"Sementara Tim Cook menyalahkan perlambatan ekonomi China dan ketegangan perdagangan, kami berpendapat bahwa menurut kami, harga jual rata-rata iPhone adalah masalah terbesar meningat spesifik yang tidak menarik dan meningkatnya persaingan di China dan Eropa," tutur analis CLSA Nicolas Baratte dikutip dari Business Insider, Minggu (6/1/2019).

"Secara khusus, kami pikir Huawei seri P dan Mate adalah masalah bagi Apple yang diberikan spesifikasi hardware serupa pada 2/3 atau setengah harga," sambungnya.



"Sangat mudah untuk mengatakan Apple seharusnya memotong harga produk untuk mendorong permintaan," kata dia.

Harga rata-rata iPhone tumbuh luar biasa. Pada kuartal ketiga 2018, rata-rata harga iPhone seharga USD 793, naik yang pada tahun lalu hanya di angka USD 618.

Jadi, Apple gimana mau turunkan harga jual iPhone-nya? (agt/agt)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed