Rabu, 10 Okt 2018 13:41 WIB

Pixel 3 Jadi Ponsel Google Termahal dalam Sejarah

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi Google Pixel (Foto: Drew Angerer/Getty Images) Ilustrasi Google Pixel (Foto: Drew Angerer/Getty Images)
Jakarta - Keluarga ponsel Google Pixel baru kedatangan anggota keluarga baru, yaitu Pixel 3. Ponsel tersebut tercatat sebagai ponsel bikinan Google paling mahal sepanjang sejarah. Apa penyebabnya?

Harga Pixel 3 paling murah adalah USD 799, lebih mahal USD 150 ketimbang Pixel 2 saat pertama diluncurkan. Sementara Pixel 3 XL harganya USD 899, atau lebih mahal USD 50 ketimbang Pixel 2 XL.

Memang, keduanya bukanlah ponsel termahal di pasaran saat ini karena beberapa ponsel bikinan Apple dan Samsung dibandrol dengan harga lebih mahal. Namun peningkatan harga ini tentu akan dikeluhkan sejumlah pengguna Android.

Terlebih lagi jika membandingkan dengan OnePlus yang bisa membuat ponsel Android dengan beberapa spek mirip Pixel 3 namun dengan harga jauh lebih mahal. Namun spek yang terlihat tentu bukanlah segalanya ketika membandingkan harga.




Berikut adalah sejumlah komponen yang sepertinya membuat harga Pixel 3 melonjak.

Layar
Pixel 3 memakai layar lebih besar dan lebih baik ketimbang pendahulunya. Layar Pixel 2 banyak dikeluhkan penggunanya karena menampilkan warna yang tak realistis dan cenderung kusam, meski kemudian diperbaiki Google melalui software.

Kamera belakang
Dari segi resolusi, tak ada peningkatan resolusi antara Pixel 2 dan Pixel 3. Namun Google memberikan banyak fitur software untuk meningkatkan kualitas kamera di Pixel 3.

Selain itu, Google menyebut mereka memakai sensor baru yang lebih baik di Pixel 3. Sensor baru ini juga diklaim bisa merekam foto dengan dynamic range lebih tinggi ketimbang pendahulunya.




Dua kamera depan
Tak seperti Pixel 2 yang kamera depannya cuma 1, Pixel 3 memakai dua kamera depan, salah satunya menggunakan lensa lebar agar lebih baik ketika dipakai untuk selfie grup.

Bodi lebih premium dan wireless charging
Pixel 3 mempunyai bodi lebih premium, yaitu bodi belakang secara keseluruhan berbahan kaca, dan sebagian dengan finishing doff alias tidak mengkilat. Mungkin hal ini juga meningkatkan biaya produksi ponsel.

Lalu ada juga dukungan wireless charging yang sebelumnya tak pernah ada di lini ponsel Pixel.

Baterai
Pixel 3 memakai baterai yang sedikit lebih besar ketimbang Pixel 2. yaitu 2.915 mAh berbanding dengan 2.700 mAh yang dipakai di Pixel 2.

Chip keamanan Titan M
Chip ini ditujukan sebagai 'satpam' untuk keamanan data Pixel 3, yang disebut beberapa langkah lebih aman dibanding chip keamanan di Pixel 2.





Tonton juga 'Pengguna Keluhkan Update Keamanan Pixel 2 XL Jadi Lemot':

[Gambas:Video 20detik]

(asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed