Kamis, 13 Sep 2018 16:00 WIB

Biar Mahal, iPhone Baru Tetap Dinanti

Rachmatunnisa - detikInet
iPhone baru tetap dinanti walaupun makin mahal (Foto: Slashgear) iPhone baru tetap dinanti walaupun makin mahal (Foto: Slashgear)
FOKUS BERITA Kelahiran iPhone Baru
Jakarta - Perilisan iPhone terbaru selalu disambut meriah dan antusiasme tinggi. Demikian juga saat trio iPhone XS, iPhone XR, dan iPhone XS Max diluncurkan.

Pengamat gadget Indonesia Lucky Sebastian menyebutkan, iPhone baru selalu menarik. Meski seri S biasanya tak terlalu banyak perubahan dari segi tampilan, tetap saja iPhone punya magnet di kalangan penggemarnya dan akan tetap diburu.



"Tidak banyak brand smartphone bisa seperti Apple. Walau keluar dengan jadwal yang lama, untuk tuntutan perkembangan smartphone sekarang ya, tetap senantiasa ditunggu kehadirannya dan jadi patokan benchmark," kata Lucky, berbincang dengan detikINET, Kamis (13/9/2018).

Disebutkan Lucky, banyak fans smartphone ingin memiliki iPhone terbaru, bukan sekadar kemampuan smartphonenya. Karena, flagship smartphone berarti juga sudah masuk ranah gaya dan prestise.

"Secara bentuk mungkin tidak signifikan perubahannya. Tetapi fans jika digoda kamera yang lebih baik, baterai yang lebih baik, layar yang lebih bagus, fitur dual SIM, biasanya langsung lengah hahaha," canda Lucky.

Diakui Lucky, iPhone memang tidak bisa diremehkan untuk urusan riset dan pengembangannya (Research and Development/R&D). Terutama saat ini, Apple memimpin untuk urusan chip komputasinya.


Ini Spesifikasi iPhone XS dan iPhone XS Max, tonton videonya di sini:

[Gambas:Video 20detik]


Chip A12 Bionic yang digunakan pada iPhone XS, XR dan XS Max, serta beberapa chip SoC dari iPhone sebelumnya, menurut Lucky, selalu memimpin dalam kemampuan benchmarknya.

"Chip ini leading karena fokus, dibuat hanya untuk iPhone, tidak untuk dijual untuk smartphone lainnya. Jadi team R&D hardwarenya bisa integrasi dengan team pengembangan lainnya untuk menghasilkan device yang lebih maksimal," ujarnya.

Menurut Lucky, iPhone jika sekadar dilihat dari hardware dan per komponennya, akan dinilai sangat mahal jika dibandingkan modal. Yang membuat iPhone mahal adalah R&D.

"R&D memang mahal. Bisa membuat orang merasa lebih ganteng dan keren dengan menggunakannya, ini yang lebih tidak terukur. Itu bagian dari flagship yang tidak disebutkan dalam spek, tetapi para fans merasakannya. Sama seperti industri fashion atau art," komentar Lucky.



Pria asal Bandung ini memuji Apple dengan menyebutkan bahwa banyak vendor smartphone sebenarnya ingin seperti Apple, karena menguasai lini hardware dan software, serta bisa menjual perangkat dengan margin sangat bagus.

Itu sebabnya, dirinya sangat yakin, bagaimana pun, iPhone terbaru akan selalu dinanti dan laris dibeli. "Nanti lihat saja siapa yang antre di Singapura," kelakarnya.

Untuk diketahui, iPhone XS dan XS Max tersedia dalam opsi storage 64 GB, 256 GB dan 512 GB. Harga iPhone XS mulai dari USD 999 atau sekitar Rp 14,7 juta untuk storage 64 GB.

Sementara iPhone XS Max, harganya mulai dari USD 1.099 atau sekitar Rp 16,2 juta dengan pilihan storage yang sama. Untuk iPhone XR, tersedia dalam opsi storage 64 GB, 128 GB, dan 256 GB dengan banderol mulai dari USD 749, atau sekitar Rp 11 juta. (rns/krs)
FOKUS BERITA Kelahiran iPhone Baru

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed