Kamis, 13 Sep 2018 15:38 WIB

Kapan Trio iPhone Baru Sambangi Indonesia?

Fino Yurio Kristo - detikInet
iPhone baru kapan sambangi Indonesia? Foto: Reuters iPhone baru kapan sambangi Indonesia? Foto: Reuters
FOKUS BERITA Kelahiran iPhone Baru
Jakarta - iPhone XS, iPhone XS Max dan iPhone XR telah diperkenalkan Apple. Para fanboy pun menunggu-nunggu kapan trio iPhone baru itu dipasarkan di negaranya. Lantas kira-kira kapan akan mendarat di Indonesia?

Seperti biasa, jangan terlalu berharap iPhone dijual di Indonesia dalam waktu dekat. Untuk tahap pertama peredarannya, tidak tampak bertengger nama Indonesia sebagai salah satu tujuan pemasaran.

iPhone XS dan iPhone XS Max sudah bisa dipesan pada 14 September dan mulai dikapalkan pada 21 September di kurang lebih 30 negara.

Negara tersebut adalah Australia, Austria, Belgia, Kanada, China, Denmark, Finlandia, Prancis, Jerman, Guernsey, Hong Kong, Irlandia, Isle of Man, Italia, Jepang, Jersey, Luksemburg, Meksiko, Belanda, Selandia Baru, Norwegia, Portugal, Puerto Rico, Arab Saudi, Singapura, Spanyol, Swedia, Swiss, Taiwan, Uni Emirat Arab, Inggris, Amerika Serikat dan US Virgin Islands.



Lalu iPhone XR menyusul bisa dipesan mulai 19 Oktober dan tersedia mulai 26 Oktober. Negara yang disasarnya bertambah dari wilayah pemasaran pertama iPhone XS dan iPhone XS Max, namun lagi-lagi tidak ada nama Indonesia.


Ini Spesifikasi iPhone XS dan iPhone XS Max, tonton videonya di sini:

[Gambas:Video 20detik]



Negara yang kebagian perdana iPhone XR adalah Andorra, Australia, Austria, Bahrain, Belgia, Bulgaria, Kanada, China, Kroasia, Siprus, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Greenland, Guernsey, Hong Kong, Hungaria, Islandia, India, Irlandia, Isle of Man, Italia, Jepang, Jersey, Kuwait, Latvia, Liechtenstein, Lithuania, Luksemburg, Malta, Meksiko, Monaco, Belanda, Selandia Baru, Norwegia, Oman, Polandia, Portugal, Puerto Rico, Qatar, Rumania, Rusia, Arab Saudi, Singapura, Slovakia, Slovenia, Afrika Selatan, Spanyol, Swedia, Swiss, Taiwan, Uni Emrirat Arab, Inggris, Amerika Serikat dan US Virgin Islands.

iPhone baru kapan sambangi Indonesia? Foto: Reuters


Berkaca Pada iPhone X

Pada beberapa tahun lalu, kedatangan iPhone baru ke Indonesia bisa berjarak sangat lama dibandingkan waktu peluncurannya di Amerika Serikat. Biasa dirilis pada bulan September, kedatangan di Indonesia bisa sampai tahun berikutnya.

Namun Apple sepertinya makin serius menganggap pasar Indonesia. Buktinya pada tahun lalu, 3 model iPhone baru resmi dipasarkan di Tanah Air dalam waktu yang tidak terlalu lama sesudah perkenalannya.

iPhone X diperkenalkan September 2018 berbarengan dengan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Nah ponsel itu sudah resmi dijual oleh Erajaya pada tanggal 22 Desember atau berselang sekitar 3 bulan. Lebih singkat dari sebelum-sebelumnya. Nah bisa jadi iPhone XS, XS Max dan iPhone XR mengalami nasib yang sama.



Menurut Menkominfo Rudiantara kala itu, dia merasa senang sekaligus bangga iPhone terbaru keluaran Apple bisa tiba lebih cepat dari biasanya karena ketegasan pemerintah soal TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) di mana Apple mematuhinya. Sebelumnya, iPhone sempat terkendala aturan TKDN ini.

Seperti diketahui, Apple akhirnya tunduk pada peraturan TKDN untuk semua produk 4G. Pemenuhan TKDN itu dilakukan Apple dengan cara membangun pusat riset atau R&D center di kawasan BSD City, Tangerang Selatan.

"Bagus karena kan iPhone 4G-nya boleh di Indonesia, karena mereka membangun R&D sebagai kompensasi TKDN," ujar Rudiantara. (fyk/fyk)
FOKUS BERITA Kelahiran iPhone Baru

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed