Kamis, 13 Sep 2018 12:01 WIB

Seperti Ini Canggihnya Chip A12 Bionic di Dalam iPhone Baru

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Philip W. Schiller dari Apple bicara soal iPhone baru yang mengandalkan chip canggih A12 Bionic (Foto: Stephen Lam/Reuters) Philip W. Schiller dari Apple bicara soal iPhone baru yang mengandalkan chip canggih A12 Bionic (Foto: Stephen Lam/Reuters)
FOKUS BERITA Kelahiran iPhone Baru
California - Berbarengan dengan merilis iPhone baru, Apple juga memperkenalkan chipset anyarnya. A12 Bionic, demikian nama chip yang diklaim terpintar dan terkuat di dunia.

Dalam Apple Event, perusahaan asal Cupertino, California, Amerika Serikat, tersebut mengklaim A12 sebagai chip dengan pabrikasi 7nm pertama di industri smartphone global.

Senior Vice President of Worldwide Marketing Apple Philip W. Schiller juga menyebut bahwa ini adalah chip terpintar dan terkuat yang ada di smartphone.




Lantas, apa yang membuatnya berani mendeskripsikan A12 Bionic sedemikian rupa? Berikut pemaparan mengenai kecanggihan A12 Bionic itu, seperti detikINET kutip dari The Verge, Kamis (13/9/2018).

Chip A12 Bionic memiliki CPU dengan enam inti di dalamnya; dua mendorong performa dan empat untuk efisiensi. Untuk hal ini, A12 Bionic diklaim 15% lebih cepat dan 50% lebih efisien dibanding A11.


Hore! iOS 12 Mulai Bisa Dicicipi Loh, tonton videonya di sini:

[Gambas:Video 20detik]



Lalu, GPU-nya memiliki empat inti yang diklaim 50% lebih cepat dibanding A11. Hadirnya GPU dengan empat inti itu pun disebut dapat meningkatkan performa grafis saat bermain game hingga ketika mengedit video.




Kemudian, ada juga pembaruan pada Neural Engine yang berguna untuk kebutuhan kecerdasan buatan. Jika pada A11 bagian ini hanya memiliki dua inti, Neural Engine di dalam A12 Bionic sudah disematkan delapan inti.

Hal tersebut membuatnya mampu menjalankan 5 triliun pekerjaan dalam satu detik. Sebelumnya, A11 hanya mampu menyelesaikan 600 miliar tugas per detik.

Dalam implementasinya, chip ini diklaim mampu meningkatkan performa ponsel terhadap berbagai pekerjaan, seperti augmented reality, gaming, fotografi, Face ID, hingga Memoji.




Menariknya, walau Apple mengklaim ini adalah chip smartphone pertama dengan pabrikasi 7nm, sejatinya Huawei sudah lebih dulu meluncurkan chipset yang menerapkan arsitektur serupa. Kirin 980 adalah chipset yang dimaksud.

Walau begitu, chip ini memang belum akan dikapalkan sampai Oktober mendatang. Hal tersebut disebabkan lantaran ponsel perdana yang ditanami Kirin 980, yaitu lini Huawei Mate 20, baru diperkenalkan pada 16 Oktober di London, Inggris.

Sedangkan A12 Bionic benar-benar sudah ditanamkan pada trio ponsel Apple terbaru, yaitu iPhone XS, XS Max, dan XR. Berdasarkan situs resmi perusahaan pimpinan Tim Cook itu, ketersediaan ketiga smartphone sudah dimulai sejak bulan ini.


(mon/krs)
FOKUS BERITA Kelahiran iPhone Baru

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed