Senin, 20 Nov 2017 19:13 WIB

Pengguna iPhone Keluhkan Tagihan 'Siluman' di App Store

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: internet Foto: internet
Jakarta - Sejumlah pengguna iPhone ramai-ramai melapor. Mereka menerima tagihan 'siluman' dari App Store, padahal tidak pernah melakukan pembelian di toko aplikasi itu.

Kejadian pertama menimpa Iskandar. Ketika memeriksa tagihan kartu kredit BCA, dia mendapati adanya tagihan dengan keterangan iTunes.com/bill tertanggal 12 November 2017. Tagihan tersebut cukup besar, nominalnya Rp 399 ribu.

"Tagihan yang tidak pernah saya lakukan. Saya tidak mengetahui aplikasi tersebut. Saya pun tidak mendapat email invoice dari Apple Store," kata Iskandar kepada detikINET.

Iskandar pun coba menghubungi pihak BCA terkait tagihan tersebut. Pihak bank menyarankan dirinya untuk menghubungi pihak Apple Store.

Akhirnya, Iskandar coba menghubungi Apple Store lewat telepon. Mereka membenarkan tidak terjadi pembelian. Pihak Apple meminta Iskandar menunggu 20 menit, sayangnya tidak ada solusi.

"Padahal pembicaraan saya sudah berlangsung 35 menit. Solusi tidak diberikan pada saat itu juga. Saya ingin bertanya kepada Apple Store kapan uang saya dikembalikan," keluh Iskandar.

Kejadian serupa juga dialami pengguna lain bernama Ren. Dia mendapati SMS transaksi dari Uber. Padahal dia sedang tidak menggunakan layanan ride sharing.

Saat dirinya komplain, pihak Uber membenarkan tidak terjadi transkasi. Ren kemudian menghubungi pihak Citibank sebagai penerbit kartu kreditnya.

"Pihak Citibank mengatakan memang ada transaksi dari iTunes. Padahal saya tidak melakukannya. Sayangnya tidak bisa di-trace lebih lanjut," tutur pria berkacamata itu.

detikINET sendiri coba menghubungi pihak Apple terkait kasus transaksi yang tidak dilakukan pengguna di App Store. Perusahaan pembuat iPhone itu langsung merespons. Mereka mengatakan segera melakukan investigasi.

(afr/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars

    'Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars'

    Senin, 18 Jun 2018 21:35 WIB
    Space Launch System NASA, Rocket SpaceX milik Elon Musk, dan Blue Origin kepunyaan Jeff Bezos, diyakini mantan astronot ini masih sulit bawa manusia ke Mars.
  • Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Senin, 18 Jun 2018 19:59 WIB
    Huawei merilis surat terbuka yang isinya membantah tudingan pemerintah Australia yang menilai jaringan mereka berbahaya bagi keamanan nasional negara itu.
  • Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Senin, 18 Jun 2018 15:35 WIB
    Berbahan dasar kardus, tak sedikit gamer yang mengejek kemunculan Nintendo Labo. Meski demikian, nyatanya aksesoris Nintendo Switch ini laris manis di pasaran.
  • Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Senin, 18 Jun 2018 14:26 WIB
    Google terus memperkuat cengkraman bisnisnya di China dengan cara mengguyur uang triliunan rupiah di salah satu raksasa e-commerce pesaing terkuat Alibaba.
  • Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Senin, 18 Jun 2018 13:35 WIB
    Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data signifikan. Jika dibandingkan periode Lebaran tahun lalu, trafik data operator seluler itu melonjak pesat 109%.
  • Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Senin, 18 Jun 2018 12:53 WIB
    Setelah update Thanos dari euforia film Avengers Infinity War beberapa waktu lalu, kini game Fortnite juga ikut serta menyemarakkan Piala Dunia 2018.
  • Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Senin, 18 Jun 2018 10:59 WIB
    Hari ini adalah hari ayah di Amerika Serikat. Pendiri Microsoft Bill Gates pun tak ketinggalan mengucapkan selamat hari ayah untuk bapaknya yang ternyata..