Rabu, 20 Sep 2017 07:34 WIB

Huawei 'Ejek' iPhone X dengan Mate 10

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi. Foto: Huawei Ilustrasi. Foto: Huawei
Jakarta - Menjelang peluncuran Mate 10 pada 16 Oktober mendatang, Huawei merilis sebuah video singkat yang mengejek 'neural engine' milik Apple.

Neural engine adalah hardware yang dikhususkan untuk pekerjaan artificial inteligence (AI) seperti pengenalan objek. Seperti diketahui sebelumnya, Apple membenamkan fitur neural engine pada iPhone X.

Pada peluncuran ponsel jagoannya itu, iPhone X sempat gagal dalam mengenali wajah Craig Federighi, SVP Software Engineering Apple saat ia mendemonstrasikan fitur FaceID, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (19/9/2017).

Huawei mengejek kegagalan tersebut dalam video yang mereka posting di akun Facebook-nya. Dalam video tersebut, pabrikan asal China itu mengklaim akan meluncurkan ponsel AI yang sebenarnya pada 16 Oktober mendatang, yaitu Mate 10.

Klaim Huawei ini sepertinya memang tak sekadar isapan jempol, karena mereka punya Kirin 970, prosesor anyar yang dilengkapi dengan Neural Processing Unit (NPU) terintegrasi dalam chip tersebut.

NPU Huawei sepertinya serupa dengan neural engine milik Apple, yaitu berfungsi mengambil alih semua fungsi AI, namun sepertinya integrasi AI di prosesor Huawei bakal bisa beroperasi lebih dalam lagi.

Sistem AI ini sebenarnya sudah mereka terapkan di Mate 9, di mana mereka menggunakan machine learning-nya untuk mengadaptasi perangkat sesuai dengan kebiasaan pengguna. Seperti mengalokasikan kekuatan komputasi dan memori ke aplikasi yang paling sering digunakan.

Saksikan video perbandingan iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X:

[Gambas:Video 20detik]

Tonton juga: Dijual Rp 15 Juta, Berapa Biaya Pembuatan iPhone X?

(asj/yud)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Senin, 18 Jun 2018 19:59 WIB
    Huawei merilis surat terbuka yang isinya membantah tudingan pemerintah Australia yang menilai jaringan mereka berbahaya bagi keamanan nasional negara itu.
  • Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Senin, 18 Jun 2018 15:35 WIB
    Berbahan dasar kardus, tak sedikit gamer yang mengejek kemunculan Nintendo Labo. Meski demikian, nyatanya aksesoris Nintendo Switch ini laris manis di pasaran.
  • Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Senin, 18 Jun 2018 14:26 WIB
    Google terus memperkuat cengkraman bisnisnya di China dengan cara mengguyur uang triliunan rupiah di salah satu raksasa e-commerce pesaing terkuat Alibaba.
  • Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Senin, 18 Jun 2018 13:35 WIB
    Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data signifikan. Jika dibandingkan periode Lebaran tahun lalu, trafik data operator seluler itu melonjak pesat 109%.
  • Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Senin, 18 Jun 2018 12:53 WIB
    Setelah update Thanos dari euforia film Avengers Infinity War beberapa waktu lalu, kini game Fortnite juga ikut serta menyemarakkan Piala Dunia 2018.
  • Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Senin, 18 Jun 2018 10:59 WIB
    Hari ini adalah hari ayah di Amerika Serikat. Pendiri Microsoft Bill Gates pun tak ketinggalan mengucapkan selamat hari ayah untuk bapaknya yang ternyata..