Jumat, 14 Apr 2017 08:58 WIB

Di Tempat Ini Bisa Bikin iPhone Sesuai Selera

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: screenshot YouTube Foto: screenshot YouTube
Jakarta - Smartphone sekelas iPhone tentunya dibuat oleh vendor besar. Namun di tempat ini, kita bisa merakit iPhone sesuai selera.

Harganya pun lebih murah ketimbang harga asli di pasaran yang masih terbungkus segel. Tempat itu adalah pasar Huaqiangbei, Shenzhen, Provinsi Guangdong, China.

Adalah seorang YouTuber bernama Scotty Allen melalui channel YouTube-nya Strange Parts yang mencoba pengalaman ini. Dia merakit iPhone 6S 16 GB rancangan sendiri dan berhasil melakukannya.

Melalui video berdurasi 23 menit itu, Allen menceritakan bagaimana dirinya akhirnya menemukan Huaqianbei Futian, sebuah daerah yang dikenal sebagai 'markas' manufaktur elektronik.

Tonton video 20detik di sini:


Dia pun menanyakan pada orang-orang sekitar, bagaimana jika dia ingin merakit iPhone. Allen mendapatkan informasi bahwa hal itu bisa dilakukan dengan membeli beberapa komponen di Huaqianbei. Allen pun menyusuri pasar untuk belanja komponen yang diperlukan.

Dengan merakit iPhone secara amatir, Allen mengaku dirinya terkejut mengetahui telah menghabiskan banyak uan di iPhone yang dibelinya secara resmi.

"Saya menghabiskan lebih dari USD 1.000 (sekitar Rp 13 jutaan) tapi banyak bagian dan alat-alat yang tidak saya perlukan. Mungkin sekitar USD 300 (Rp 3,9 juta) komponen yang bisa jadi ponsel," tutur dia dikutip dari Cnet, Jumat (14/4/2017).

Proyek merakit ponsel oleh Allen ini dilakukan beberapa bulan untuk dirampungkan. Dengan menghabiskan USD 300 untuk sebuah ponsel iPhone 6S 16 GB rakitan, jelas harganya lebih miring daripada aslinya.

Harga pasaran iPhone 6S 16 GB di pasaran saat ini berada di angka Rp 5,9 jutaan. Artinya dengan cara merakit, bisa hemat Rp 2 jutaan. Tertarik? (rns/rns)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed