BERITA TERBARU
Senin, 20 Mar 2017 18:43 WIB

Bernostalgia di Museum dengan Ribuan Ponsel Jadul

Adi Fida Rahman - detikInet
Pengunjung Museum of Old Mobile yang tengah melihat jajaran ponsel lawas. Foto: Facebook.com/muzeummobilovsk Pengunjung Museum of Old Mobile yang tengah melihat jajaran ponsel lawas. Foto: Facebook.com/muzeummobilovsk
Jakarta - Lebih dari satu dekade ribuan seri ponsel dilahirkan oleh para vendor. Semua ponsel tersebut tersimpan apik di museum ini.

Bernama Museum of Old Mobile, lokasinya berada di Kota Dobsina, Slovakia. Di sini kita dapat bernostalgian sekaligus melihat segala perubahan tampilan ponsel dari tahun ke tahun sebelum era smartphone tiba.

Ada total 3.500 ponsel dengan 1.231 model yang di pamerakan. Ponsel tersebut berasal dari 14 vendor, yakni Alcatel, Sagem, Siemens, ZTE, Ericsson, Samsung, Trium, Nokia, Panasonic, Motorola, Mitsubishi, Bosh, Sony-Ericsson dan Philips.

Beberapa nama di atas masih tetap eksis hingga sekarang. Tapi sejumlah vendor sudah tidak lagi memproduksi ponsel bahkan tutup karena tergilas persaingan sejak kehadiran smartphone.

Bernostalgia di Museum dengan Ribuan Ponsel JadulDua ponsel yang menjadi koleksi Museum of Old Mobile. Foto: Facebook.com/muzeummobilovsk

Kembali ke Museum of Old Mobile, tempat ini didirikan oleh pemuda bernama Stefan Polgari. Ia mengumpulkan seluruh ponsel selama dua tahun.

Awalnya Stefan membeli 1.000 ponsel jadul dari seseorang seharga ribuan euro dua tahun lalu. Sejak saat itu, pemuda berusia 26 tahun ini mulai mencari ponsel jadul lainnya.

Meski telah mencapai 3.500 ponsel, Stefan rupanya belum puas. Ia akan terus mencari ponsel jadul lain agar koleksinya makin lengkap.

Bernostalgia di Museum dengan Ribuan Ponsel JadulJajaran ponsel yang dipajang di museum ponsel jadul. Foto: Facebook.com/muzeummobilovsk
(afr/fyk)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed