Fitur OneBook Software Harmony, Solusi Pembukuan Praktis & Presisi

ADVERTISEMENT

Fitur OneBook Software Harmony, Solusi Pembukuan Praktis & Presisi

Sponsored - detikInet
Selasa, 12 Jul 2022 13:41 WIB
Software Akuntansi Harmony
Foto: Software Akuntansi Harmony
Jakarta -

Rekonsiliasi bank merupakan dampak dari perbedaan arus kas antara catatan bank dengan catatan manual dalam rekapan staf akuntan perusahaan. Ketidaksesuaian ini menyebabkan perusahaan harus membandingkan kedua catatan yang umumnya cukup menyita waktu dan tenaga.

Untuk itu, dibutuhkan sebuah sistem yang mampu mengerjakannya secara otomatis. Salah satunya seperti yang dihadirkan oleh Harmony berupa one stop solution untuk pembukuan perusahaan.

"Selisih jumlah uang antara catatan bank dengan catatan perusahaan masih menjadi kendala dalam pembukuan. Apalagi ketika biaya-biaya administrasi meningkat. Akuntan perusahaan akan terus bekerja keras hanya untuk menyelesaikan masalah yang sudah rutin terjadi. Untuk menanggulanginya, perusahaan perlu mempertimbangkan sebuah sistem yang bekerja otomatis," ungkap CEO PT Harmoni Solusi Bisnis, Andoko Chandra dalam keterangan tertulis, Senin (11/7/2022).

Andoko menjelaskan otomasi rekonsiliasi bank menjadi teknologi cerdas dari pihaknya yang didesain dapat melakukan pencatatan data transaksi perusahaan pada akun bank kemudian mencocokannya dengan data transaksi perusahaan. Ketika ada transaksi yang tidak cocok, software ini memberikan langkah-langkah sinkronisasi yang dapat dipantau oleh perusahaan.

Ia menambahkan di tahun 2022 ini kebutuhan software otomasi ini terus meningkat seiring tumbuhnya paradigma baru dalam dunia kerja dan usaha. Mobilitas dan fleksibilitas perusahaan pun dinilai berperan besar untuk produktivitas karyawan, termasuk staf akuntan yang mengurus pembukuan perusahaan.

Oleh karena itu, software Harmony turut berperan mempersingkat waktu kerja rekonsiliasi seorang akuntan perusahaan. Dengan menggunakan teknologi ini, tidak ada lagi waktu yang terbuang bagi akuntan untuk menyesuaikan transaksi atau mutasi yang belum cocok. Akuntan hanya perlu menghubungkan software dengan akun bank perusahaan dan menunggu laporan penyesuaian yang dilakukan oleh mesin.

Keamanan Software Harmony

Dibutuhkan kontrol dari perusahaan dalam menjalankan program rekonsiliasi, yakni dari staf akuntan. Dengan demikian, tidak ada pihak lain yang mengetahui catatan transaksi perusahaan selain anggota perusahaan yang dimaksud. Oleh karena itu, pihak Harmony menjamin keamanan data perusahaan melalui teknologi enkripsi yang canggih.

Andoko meyakini software yang ditawarkan efektif menyelesaikan proses rekonsiliasi yang berulang dan memakan waktu. Selain itu, pihaknya juga memastikan hal paling penting yaitu akurasi hasil yang diberikan. Melalui AI yang disederhanakan, software Harmony akan menggantikan kerja manual akuntan yang sebelum ini memiliki kemungkinan human error.

Hadirnya teknologi Harmony membuat otomasi rekonsiliasi perusahaan menggunakan software dapat dilakukan dari manapun selama terhubung dengan internet. Dengan demikian, akuntan mampu memberikan data keuangan terkini secara real-time kepada pimpinan tanpa perlu pengecekan rekening koran secara manual.

Fitur OneBook sejauh ini sudah dipercaya beragam klien Harmony dari perusahaan-perusahaan besar. Tidak menutup kemungkinan, UMKM akan memerlukan fitur yang sama dalam mengelola arus kas bisnis.

Andoko berharap solusi yang diberikan mampu menghindari pengusaha UMKM dari kesalahan pencatatan arus kas. Apalagi masih banyak pengusaha kecil yang belum familier dengan proses rekonsiliasi ini.

Hingga saat ini Harmony masih menyediakan demo gratis penggunaan software selama 30 hari. Demo gratis ini dapat dimanfaatkan perusahaan untuk melakukan uji coba sistem sebelum mengintegrasikan pembukuan sepenuhnya. Dalam proses uji coba tersebut, perusahaan juga diberi kesempatan untuk menetapkan skala hingga kesesuaian antara sistem pembukuan perusahaan dengan teknologi otomasi pembukuan yang ditawarkan. (Content Promotion/Software Akuntansi Harmony)

(Content Promotion/Software Akuntansi Harmony)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT