Meta Didesak Agar Facebook Jual Giphy

Meta Didesak Agar Facebook Jual Giphy

Josina - detikInet
Kamis, 02 Des 2021 19:34 WIB
ilustrasi facebook
Foto: unsplash
Jakarta -

Regulator persaingan Inggris telah meminta agar Meta, induk perusahaan Facebook untuk menjual platform GIF Giphy. Hal ini dilakukan setelah regulator menemukan bahwa akuisisi tersebut dapat mendistorsi pasar periklanan digital dan membahayakan pengguna media sosial.

Otoritas Persaingan dan Pasar (CMA) mengatakan bahwa keputusan itu sejalan dengan temuan sementara bahwa akuisisi Giphy oleh Facebook pada Mei tahun lalu akan mengurangi persaingan antara platform media sosial dan di pasar iklan online.

"Hilangnya persaingan di sektor ini terutama mengkhawatirkan mengingat bahwa Facebook mengendalikan hampir setengah dari pasar iklan bergambar senilai 7 miliar pound di Inggris," kata pernyataan CMA yang dikutip detikINET dari Euronews.

Facebook yang belum lama ini juga berganti nama induk perusahaan menjadi Meta, mengatakan akan mengajukan banding atas keputusan CMA tersebut.

Pada tahun 2020 Facebook membeli Giphy senilai USD 400 juta untuk mengintegrasikannya dengan aplikasi berbagi foto, Instagram.

"Hubungan antara Facebook dan Giphy telah menghilangkan penantang potensial di pasar iklan bergambar," kata Stuart McIntosh, ketua investigasi independen di Facebook-Giphy untuk CMA.

"Dengan mewajibkan Facebook untuk menjual Giphy, kami melindungi jutaan pengguna media sosial dan mempromosikan kompetisi dan inovasi dalam periklanan digital," lanjutnya.

Menanggapi hal ini, Facebook mengatakan tidak setuju dengan keputusan tersebut.

"Kami sedang meninjau keputusan dan mempertimbangkan semua opsi, termasuk banding," kata juru bicara Meta dalam sebuah pernyataan.

CMA memulai penyelidikan atas kesepakatan itu pada Januari tahun ini, dan pada April merujuknya ke penyelidikan lebih mendalam.



Simak Video "Wajah Baru Facebook Sebagai Meta"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)