4 Tips Pakai TikTok Untuk Promo Jualan

4 Tips Pakai TikTok Untuk Promo Jualan

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 25 Okt 2021 17:20 WIB
Tyumen, Russia - January 21, 2020: TikTok and Facebook application  on screen Apple iPhone XR
Tips jualan di TikTok. Foto: iStock
Jakarta -

TikTok kini bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara untuk memaksimalkan penjualan. Bukan hanya untuk perusahaan Fast Moving Consumer Good (FMCG), brand yang kecil dan menengah pun bisa memakai fitur TikTok untuk berjualan dengan konten yang menyenangkan.

Sitaresti Astarini, Head of Business Marketing, TikTok Indonesia menjelaskan dalam acara Media Group Interview TikTok, Senin (25/10/2021). Di bawah ini adalah tips untuk memanfaatkan TikTok untuk meningkatkan penjualan di platform tersebut.

1. Go back to basic

Paling utama adalah menentukan dulu objektif yang diinginkan oleh brand, apakah awarenss, branding, engagement atau lainnya.

"Hashtag ini bisa di-branding sehingga bisa menimbulkan partisipasi pengguna. Jadinya player atau brand yang akhirnya membuat trend di market," ucapnya.

Ada juga iklan yang bisa ditentukan budgetnya sesuai brand skala kecil, menengah atau atas. Ini bisa dimanfaatkan terlebih menjelang double date (11.11, 10.10, 9.9, dan seterusnya).

2. Hashtag

"#Tipskecantikan itu sudah jutaan. Hashtag dari #foodandbeverages itu juga jutaan. Ini bisa dimanfaatkan untuk tips makanan dalam waktu singkat," saran Sitaresti.

Brand bisa menggunakan hashtag organic (yang sudah ada dan dibuat publik) seperti hashtag #belanja. TikTok menemukan ada hashtag #belanja itu biasanya digunakan untuk vlog singkat belanja bulanan. Nah, brand bisa memanfaatkan konten yang kreatif dan bisa tetap sesuai dengan publik.

3. Live stream

"Menonton konten creator ternyata bisa mengajak pengguna memasukkan item ke keranjang belanja dalam TikTok Shop yang mana bisa mengarah ke olshop yang ada di dalamnya," tambahnya.

4. Tentukan konten

Konten pun sangat penting untuk ditentukan. Ada tiga kategori yang sangat disukai di TikTok yakni:

- Membawa kebahagiaan
- Menghadirkan rasa terhubung antar satu individu dengan individu lainnya
- Memberikan dorongan dan edukasi di tengah situasi sulit menghadapi pandemi.



Simak Video "Dubsmash, Aplikasi Saingan TikTok Akan Dimatikan Februari 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)