Ada Jasa Bill Gates yang Bikin Apple Batal Bangkrut

Ada Jasa Bill Gates yang Bikin Apple Batal Bangkrut

Aisyah Kamaliah - detikInet
Sabtu, 23 Okt 2021 22:05 WIB
Wall Mossberg
Bill Gates dan Steve Job adalah rival. Tapi ada satu hal yang sangat diingat oleh Steve Jobs: jasa Bill Gates dalam mencegah kebangkrutan Apple. Foto: Internet
Jakarta -

Bill Gates dan Steve Jobs adalah rival secara profesional. Tapi ada satu hal yang sangat diingat oleh Steve Jobs: jasa Bill Gates dalam mencegah kebangkrutan Apple. Bill Gates menawarkan Apple Computers yang hampir bangkrut investasi sebesar USD 150 juta pada tahun 1997.

Kabar ini sangat mengejutkan karena keduanya sering saling ledek dan tiba-tiba saja tersiar pengumuman kesepakatan pada 6 Agustus 1997. Tapi semua dilakukan atas dasar kepentingan juga.

Microsoft saat itu menjadi perusahaan yang berada di tengah-tengah pertarungan antimonopoli yang menodai citranya selama puncak perang browser dengan Netscape. Dengan investasi, ini memungkinkan mereka untuk terlihat seperti pesaing yang 'baik' untuk sebuah perubahan dengan investasi pada perusahaan kecil dengan investasi.

Investasi Bill Gates di Apple juga memungkinkan kembalinya Jobs kembali ke perusahaan dan mengangkat Apple menjadi perusahaan top -- zaman sekarang siapa yang tidak pakai Mac atau iPhone?

Berbagai hal kini terlihat sangat berbeda untuk kedua perusahaan sekarang. Kapitalisasi pasar Apple saat ini mencapai USD 2,394 triliun, Microsoft berada pada USD 2,286 triliun. Jelas Bill Gates untuk besar karena sudah berinvestasi di Apple ketika melepas kepemilikan sahamnya.

Sepeninggalan Steve Jobs, Bill Gates mengaku sangat menghormati dan menghargai mendiang Jobs. Hal ini ia tuliskan sendiri dalam blog GatesNotes miliknya.

"Steve dan saya pertama kali bertemu hampir 30 tahun yang lalu, dan telah menjadi rekan kerja, pesaing, dan teman selama lebih dari separuh hidup kami," tulis Gates.

"Dunia jarang melihat seseorang yang memiliki dampak besar yang dimiliki Steve, yang efeknya akan dirasakan selama beberapa generasi mendatang. Bagi kita yang cukup beruntung bisa bekerja dengannya, ini adalah kehormatan yang luar biasa. Saya akan sangat merindukan Steve," sambungnya. Demikian melansir Boss Hunting.



Simak Video "Beredar Kabar Bill Gates Selingkuh dengan Staf Microsoft"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)