TSMC Bikin Pabrik di Jepang, Sony Jadi Konsumen Pertama

TSMC Bikin Pabrik di Jepang, Sony Jadi Konsumen Pertama

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 11 Okt 2021 10:15 WIB
Ilustrasi TSMC
Foto: Dok. TSMC
Jakarta -

TSMC bakal membangun pabrik di Jepang dan baru akan beroperasi paling cepat 2023 mendatang, dan Sony sudah bersiap menjadi konsumen pertamanya.

Pabrik TSMC tersebut memang berlokasi di properti milik Sony, berdekatan dengan pabrik sensor kamera Sony yang ada di prefektur Kumamoto, Kyushu, Jepang, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Senin (11/10/2021).

Pabrik TSMC ini pun bakal memproduksi sensor kamera, juga chip untuk mobil dan berbagai produk lainnya. Pada saat beroperasi penuh, pabrik tersebut bakal bisa memproduksi 40 wafer per bulan yang berbasis pada node 28nm.

Sony pun berinvestasi di pabrik TSMC ini, tak diungkap berapa nilainya namun yang jelas nilai total investasi untuk pabrik ini mencapai USD 7 miliar. Dengan investasi tersebut, Sony punya secuil saham di pabrik tersebut.

Rencana pembangunan pabrik di Jepang ini dikonfirmasi TSMC pada Juli lalu, saat mereka menyebut tengah aktif meninjau berbagai strategi dan proposal untuk proyek tersebut.

Pabrik yang merupakan pabrik pertama TSMC di Jepang itu adalah bagian dari investasi USD 100 miliar yang akan digelontorkan TSMC sampai 2024 mendatang. Bersamaan dengan ekspansi perusahaan di berbagai sektor, seperti riset dan pengembangan, dan juga untuk menghadapi kelangkaan chip yang terjadi saat ini.

Dibandingkan dengan investasi TSMC untuk membangun pabrik senilai USD 12 miliar di Arizona, Amerika Serikat, pabrik di Jepang ini yang nilainya 'hanya' USD 7 miliar ini terbilang kecil.

Namun perlu dicatat, pabrik di Arizona itu akan dipakai untuk memproduksi chip 5nm, sementara pabrik di Jepang hanya akan memproduksi chip 28nm, yang lebih murah dan tak butuh teknologi terkini.



Simak Video "Eksklusif James Arthur: Mimpi Kolaborasi Bareng BLACKPINK-BTS"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)