Lazada Bagi Tips Jualan Jelang Pesta Diskon 11.11 dan 12.12

Lazada Bagi Tips Jualan Jelang Pesta Diskon 11.11 dan 12.12

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 06 Okt 2021 17:15 WIB
Ilustrasi Belanja
Lazada Bagi Tips Jualan Jelang Pesta Diskon 11.11 dan 12.12 (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Pesta belanja online 11.11 dan 12.12 sebentar lagi akan dimulai. Lazada sebagai salah satu e-commerce yang berpartisipasi dalam kampanye ini ikut membagikan tips bagi penjual untuk bersiap menghadapi 11.11 dan 12.12.

Dalam pembukaan Lazada Seller Conference 2021 SVP Sellers Operation Lazada Indonesia Haikal Bekti Anggoro mengatakan kampanye belanja online 11.11 dan 12.12 saat ini merupakan event yang sayang untuk dilewatkan bagi penjual.

"Kita sudah belajar dari campaign-campaign sebelumnya, barang-barang yang mengikuti campaign memiliki peningkatan omset hingga tiga kali lipat, peningkatan traffic alias kunjungan ke toko lebih ramai 2,5 kali lipat, ditambah dengan dua kali lipat peningkatan konversi di toko," kata Haikal di pembukaan Lazada Seller Conference 2021, Rabu (6/10/2021).

Menurut Haikal hal utama yang harus ditawarkan penjual saat 11.11 dan 12.12 adalah promo gratis ongkir. Ia mengatakan tombol gratis ongkir merupakan salah satu tombol yang paling banyak diklik oleh pengguna di Lazada.

Selain itu, penjual harus mempersiapkan produk jagoan untuk menarik perhatian pembeli ke tokonya. Meski begitu, Haikal mengingatkan penjual agar tidak melupakan jenis produk lainnya seperti core item dan barang komplementer agar menarik konsumen untuk berbelanja lebih banyak.

"Anda jual sepatu, jual kaos kaki juga. Anda jualan kerudung, mungkin jual ciputnya juga jadi semua bisa saling melengkapi," jelasnya.

Hal lainnya yang tidak kalah penting adalah menjaga konversi toko agar tidak kalah saing dengan toko lain. Haikal mengatakan jumlah penjual di Lazada meningkat tiga kali lipat dari awal pandemi, sehingga persaingan sekarang ini jauh lebih ketat.

Menjelang 11.11 dan 12.12, penjual juga harus menyisihkan waktu untuk menyelesaikan hal mendasar. Misalnya menganalisis produk baru yang akan dijual, memperbaiki produk lama, dan menjaga rating toko dengan mengirim barang dengan tepat waktu dan rajin membalas chat.

Terakhir, Haikal memperingatkan penjual untuk tidak bermain api dan melanggar ketentuan Lazada kalau masih ingin berpartisipasi di kampanye 11.11 dan 12.12.

"Kalau tahu jualan barang palsu bisa kena penalti ya jangan, kalau suka order barang sendiri ya jangan," ucap Haikal.

"Jangan melakukan hal-hal yang berada di zona abu-abu atau zona hitam. Jangan sampai menjelang hari-H toko Anda malah bermasalah dan tidak bisa ikutan 11.11," pungkasnya.



Simak Video "Hadir Satu Minggu, Lazada Baby & Kids Festival Bikin Bunda Happy"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)