Mengenal Qiscus Robolabs, Platform Pembuat Robot Chat

Mengenal Qiscus Robolabs, Platform Pembuat Robot Chat

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 01 Okt 2021 14:00 WIB
Qiscus Robolabs
Foto: Dok. Qiscus
Jakarta -

Qiscus, perusahaan penyedia platform chat multichannel untuk bisnis, merilis deretan fitur dan produk barunya di acara Conversa 2021. Termasuk Robolabs, platform pembuat robot chat.

Melalui peluncuran ini, Qiscus ingin membantu lebih banyak pelaku bisnis dalam menciptakan customer experience yang lebih relevan dengan konsumen, menghadirkan layanan teknologi yang lebih sesuai dengan kebutuhan bisnis, serta menyediakan layanan untuk berkolaborasi bagi partner atau perusahaan SaaS lainnya.

Produk Qiscus yang kebagian fitur baru adalah Qiscus Multichannel Chat, sementara produk barusnya adalah Qiscus Robolabs dan Qiscus App Center. Kehadiran rangkaian produk dan fitur baru ini menurut mereka didasari atas permintaan pasar.

"Terdapat tiga hal utama yang kami highlight pada rilis produk kali ini, yaitu customer experience, automasi, dan kolaborasi. Ketiga hal ini menjadi poin penting dalam konteks menjadikan platform Qiscus Multichannel Chat sebagai digital ekosistem yang sesuai dengan kebutuhan bisnis dalam memenuhi ekspektasi konsumen," ujar Evan Purnama, CTO Qiscus, dalam keterangan yang diterima detikINET.

Peluncuran pertama yang diumumkan Qiscus adalah tiga fitur baru pada Qiscus Multichannel Chat. Pertama adalah Messenger API for Instagram, yang memungkinkan pengguna mengintegrasikan akun Instagram Direct Message-nya dengan dashboard Qiscus Multichannel Chat.

Fitur kedua adalah Multichannel Contacts yang berfungsi untuk manajemen dan pengelolaan data pelanggan yang bersumber dari berbagai platform. Fitur ketiga yaitu Multichannel Mobile Widget, dimana pengguna Qiscus Multichannel dapat memasang widget Multichannel Chat Qiscus di dalam mobile application-nya, sehingga memudahkan konsumen saat mereka hendak menghubungi melalui aplikasi.

Sementara Robolabs adalah platform chabot builder yang membuat penggunanya bisa membuat chatbot sendiri, yaitu dengan memanfaatkan template chabot sederhana dan tak memerlukan kemampuan coding.

Lalu penggunaan file Excel sebagai basisnya mempermudah pelatihan untuk pengguna. Chatbot ini pun terintegrasi dengan platform NLP dari Google, yaitu Dialogflow.

Qiscus Robolabs memiliki banyak fitur yang dapat menunjang kebutuhan bisnis, khususnya dalam hal pelayanan customer service seperti: Handover agent, Bot template, Training bot, Integrate with External Webhook, dan Analytics sehingga bisnis dapat melihat metrik penggunaan chatbot, seperti jumlah percakapan yang dapat dihandle oleh bot, atau percakapan mana yang diteruskan ke human agent.

Produk lain yang dirilis adalah Qiscus App Center, yang memungkinkan pengguna Qiscus Multichannel Chat menemukan dan mengintegrasikan berbagai aplikasi untuk mendukung kebutuhan bisnisnya, seperti CSAT, Agent Allocation, CRM, dan custom channels.

Conversa 2021 adalah konferensi tahunan perdana yang digelar Qiscus, perusahaan teknologi penyedia platform Multichannel Chat untuk bisnis. Bertemakan Embracing Business Agility, acara ini digelar selama 3 hari, pada 28-30 September 2021 dengan menghadirkan pembicara-pembicara yang expert pada bidangnya.



Simak Video "Xenobot, Robot Pertama di Dunia yang Bisa Bereproduksi"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)