Telkomsel Bikin Aplikasi untuk Pantau Penyimpanan Vaksin COVID-19

Telkomsel Bikin Aplikasi untuk Pantau Penyimpanan Vaksin COVID-19

Angga Laraspati - detikInet
Rabu, 25 Agu 2021 14:50 WIB
IoT Telkomsel
Foto: dok. Telkomsel
Jakarta -

Telkomsel, United Nations Development Programme (UNDP) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghadirkan aplikasi Sistem Monitoring Imunisasi Logistik secara Elektronik (SMILE). Aplikasi berbasis IoT ini mampu memudahkan Kemenkes dalam menjaga kualitas vaksin COVID-19.

VP Internet of Things Telkomsel Alfian Manullang mengatakan kolaborasi dengan UNDP dan Kemenkes RI untuk membantu pemerintah melindungi dan mengakhiri pandemi melalui penyimpanan yang aman dan efektif.

"Kami menatap optimis upaya kolaboratif ini untuk terus membuka lebih banyak peluang akan pemanfaatan teknologi terkini di berbagai bidang, termasuk kesehatan. Inisiatif ini mempertegas komitmen Telkomsel untuk terus mengembangkan kontribusi perusahaan bagi kemajuan bangsa melalui penyediaan solusi digital bernilai tambah bagi berbagai pemangku kepentingan," ujar Alfian dalam keterangan tertulis, Rabu (25/8/2021).

Solusi Asset Performance Management dari Telkomsel IOT dapat membantu dalam melakukan pengawasan terhadap temperatur dan kelembaban lemari pendingin tempat penyimpanan vaksin, termasuk vaksin COVID-19 yang berada di berbagai Puskesmas di seluruh wilayah Indonesia.

Asset Performance Management diharapkan mampu mentransformasi metode pengawasan suhu dalam lemari pendingin yang beberapa di antaranya masih diawasi secara manual oleh petugas sehingga berpotensi menurunkan kualitas dari vaksin tersebut.

Asset Performance Management bekerja melalui sensor yang terhubung dengan konektivitas dari Telkomsel. Sensor yang ditempatkan di lokasi penyimpanan aset yang akan diawasi tersebut akan mengirim informasi seperti suhu dan kelembaban secara real-time.

Kemudian pihak Puskesmas bisa mengakses data-data tersebut melalui online dashboard yang terintegrasi, menampilkan informasi secara komprehensif dan memiliki fitur pengingat untuk memberi tahu jika ada anomali yang terjadi.

Alfian berharap pemanfaatan teknologi IoT melalui solusi Asset Performance Management dapat membantu pemerintah dan segenap pemangku kepentingan lainnya dalam menjalankan upaya pemulihan bangsa dari dampak COVID-19.

"Telkomsel pun mengajak para pemangku kepentingan untuk bersama-sama memperkuat digitalisasi di berbagai sektor untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa digital yang utuh, dengan ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan, agar manfaat implementasi teknologi digital terdepan dapat dirasakan oleh masyarakat secara luas," kata Alfian.

Telkomsel juga menyediakan berbagai solusi IoT bagi segmen enterprise di berbagai sektor bisnis dan pemerintahan, termasuk mengembangkan potensi penerapan teknologi terkini seperti 5G untuk mendukung sektor industri.

Informasi lebih lanjut tentang bagaimana portofolio yang lengkap dari Telkomsel IoT yang mampu mentransformasi operasional sebuah organisasi serta meningkatkan produktivitas, efektivitas, dan efisiensinya dapat diakses di telkomseliot.com.



Simak Video "Alasan WHO Akhirnya Luluh soal Vaksin Covid-19 Dosis Ketiga"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/fay)