COVID-19 Percepat Layanan Kesehatan Digital di Indonesia

COVID-19 Percepat Layanan Kesehatan Digital di Indonesia

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 20 Agu 2021 20:35 WIB
Sigal Atzmon, Pendiri dan CEO Medix Global.
Foto: Dok. Medix
Jakarta -

Seperti halnya banyak negara di dunia, sistem perawatan kesehatan Indonesia telah kewalahan oleh lonjakan jumlah kasus COVID-19. Hal ini dengan cepat telah memicu kesadaran terhadap manfaat layanan kesehatan digital yang dapat menyelamatkan nyawa, dan konsultasi medis jarak jauh melalui telepon dan video.

Medix Group, penyedia layanan manajemen medis global, mengatakan pandemi COVID-19 akan mempercepat penyediaan dan penggunaan layanan kesehatan digital di seluruh negeri, dan menjadikannya lebih mudah diakses oleh masyarakat, terutama bagi yang berada di daerah terpencil.

"COVID-19 telah menghancurkan hidup begitu banyak orang di Indonesia, dan membawa sistem perawatan kesehatan negara ini ke dalam periode paling menantang dalam sejarah. Masyarakat yang tinggal di daerah terpencil di pulau-pulau Indonesia yang jumlahnya mencapai 16.000 pulau menghadapi risiko paling besar," Sigal Atzmon, CEO & Presiden Medix dalam keterangan yang diterima detikINET, Jumat (20/8/2021).

"Pada saat yang sama, manfaat solusi kesehatan digital dapat diwujudkan secara merata di kota-kota besar. Pandemi secara tidak sengaja telah menjadi peringatan yang dapat menyelamatkan banyak nyawa di masa depan," tambahnya.

Medix memperkirakan bahwa sebagian besar masyarakat akan segera mengakses perawatan medis melalui alat kesehatan digital.

"Aplikasi yang dipersonalisasi akan memungkinkan kita memasukkan data kesehatan kita dan mendapatkan informasi yang lebih baik tentang perawatan dan penyakit. Tenaga kesehatan kemudian akan dapat sepenuhnya memantau data dan berinteraksi dari jarak jauh dengan pasien, memungkinkan dokter memiliki pemahaman yang lebih baik dan lebih terinformasi tentang kebutuhan dan kondisi masing-masing pasien," tambah Atzmon.

Medix berencana meluncurkan aplikasi kesehatan virtual satu atap 'Medix'. Aplikasi ini menyatukan semua layanan Medix dengan cara yang dipersonalisasi dan akses yang mudah, memenuhi kebutuhan klien Medix saat ini akan perawatan kesehatan dan medis yang terjangkau dan berkualitas tinggi.

"Aplikasi ini kami perkirakan akan siap diluncurkan pada Oktober 2021 mendatang dan akan tersedia dalam versi Bahasa Indonesia juga," pungkasnya.

Dengan aplikasi Medix, klien dapat, pertama, mengakses dan berbagi pandangan lengkap tentang informasi kesehatan dan kebutuhan secara mereka terus menerus (smart digital EMR). Kedua, menerima wawasan dan peringatan terkait kesehatan pribadi, yang dijelaskan dengan sentuhan manusia. Ketiga, memulai sendiri berbagai pelayanan medis berbeda yang mereka butuhkan.

Keempat, menilai risiko kesehatan mereka dan mengakses perawatan spesialis secara virtual, 24 jam sehari 7 hari seminggu sesuai kebutuhan mereka melalui fitur video dan chat. Kelima, mengelola risiko medis dan meningkatkan hasil pemeriksaan medis dengan penuh percaya diri. Dan keenam, mengingat janji medis dan obat.

Didirikan pada 2006, Medix Group adalah penyedia solusi manajemen kesehatan yang punya kantor di berbagai kota di berbagai belahan dunia, seperti London, Hong Kong, Shanghai, Singapura, Jakarta, Kuala Lumpur, Bangkok, Tel Aviv, dan Melbourne.



Simak Video "Cara Mudah Jaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)