Duo Pendiri Google Jual Saham Rp 14,4 Triliun!

Duo Pendiri Google Jual Saham Rp 14,4 Triliun!

Agus Tri Haryanto - detikInet
Minggu, 01 Agu 2021 10:01 WIB
XIAN, CHINA - NOVEMBER 20: (CHINA OUT) An etiquette girl is reflected on a big screen at the Googles 2008 Xian winter marketing forum on November 20, 2008 in Xian of Shaanxi Province, China. Google has covered in China most of the commercial value of users, 88 percent of search products and user information in the use of Google. (Photo by China Photos/Getty Images)
Foto: GettyImages
Jakarta -

Pendiri Google dan pemegang saham pengendali Alphabet, induk perusahaan Google, Larry Page dan Sergey Brin telah menjual saham gabungan lebih dari USD 1 miliar atau setara Rp 14,4 triliun sejak Mei.

Angka penjualan saham tersebut merupakan yang terbesar yang tercatat perusahaan sejak 2017, begitu diwartakan CNBC, Minggu (1/8/2021).

Page dan Brin melepas saham Kelas A dan Kelas C senilai lebih dari USD 1,07 miliar, menurut pengajuan dengan Komisi Sekuritas dan Bursa yang disusun oleh OpenInsider.

Bukannya terkesima atau takjub saat melakukan test drive pada mobil listrik Tesla, dua pendiri Google yakni Larry Page dan Sergey Brin malah dibuat kecewa. Apa sebabnya?Pendiri Google Sergey Brin dan Larry Page Foto: Pool (Business Insider)

Dengan penjualan saham perusahaan tersebut, maka Brin total telah menjual perusahaan yang didirikannya sebesar USD 610 juta atau Rp 8,8 trilun dan Page melepas saham kepemilikannya senilai USD 426 juta atau Rp 6,1 triliun.

Kendati tercatat sebagai penjualan saham terbesar, kinerja perusahaan masih oke.

Adapun, saham Alphabet Kelas A naik lebih dari 50% dari tahun ini, melampui Nasdaq Composite dan saham raksasa teknologi lainnya, seperti Amazon dan Apple.

Seperti diketahui, Larry Page dan Sergey Brin adalah tokoh penting berdirinya 'kerajaan' Google sebagai mesin internet paling dimanfaatkan para pengguna internet di seluruh dunia. Mereka membangun Google sejak 1998.

Seiring berjalannya waktu, Page mengundurkan diri sebagai CEO Alphabet pada akhir 2019 yang kemudian menyerahkan tongkat estafet ke tangan Sundar Pichai.

Pada saat yang bersamaan, Brin mengundurkan diri dari jabatan Presiden Alphabet dan perannya dihilangkan.

Meski begitu, Page dan Brin berada dalam jajaran anggota dewan dan memegang saham mayoritas, mengendalikan 51% dari kelas khusus saham voting Alphabet. Adapun, Page dan Brin ini juga masuk ke dalam jajaran orang terkaya di dunia.



Simak Video "Pulau Fiji Jadi Tempat Persembunyian Pendiri Google Selama Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)