iPhone Laris Manis, Bos Apple Malah Pusing

iPhone Laris Manis, Bos Apple Malah Pusing

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 30 Jul 2021 07:46 WIB
iPhone 12 Ungu
Apple iPhone 12. Foto: dok Sina Mobile
Jakarta -

iPhone laris manis. Dalam laporan keuangan terbaru Apple, penjualan iPhone melonjak 50%, dan mencapai total penjualan sebesar USD 39,57 miliar. Akan tetapi CEO Apple, Tim Cook, malah pusing karena hal itu.

Larisnya iPhone antara lain ditunjang desain yang cukup baru dan dukungan 5G. Tim Cook juga mengatakan banyak orang beralih dari ponsel Android ke iPhone. Namun demikian, Apple sekarang menghadapi masalah terkait kelangkaan chip yang juga berdampak ke sektor seperti konsol game dan otomotif.

Kelangkaan suplai chip itu diprediksi Cook nantinya akan berdampak pada penjualan iPhone. Permintaan iPhone yang tinggi kemungkinan tak dapat semuanya dipenuhi karena isu yang sudah berlangsung cukup lama tersebut.

"Permintaan (iPhone) sangat bagus dan jauh melampaui harapan kami sehingga malah sulit untuk mendapatkan seluruh set komponen di waktu yang sesuai," kata Cook seperti dikutip detikINET dari CNBC.

Pada bulan April, Apple sempat memprediksi kelangkaan chip akan mengurangi penjualan senilai antara USD 3 sampai 4 miliar. Kelangkaan ini sudah berdampak pada iPad dan Mac dan kemungkinan merembet juga ke iPhone.

Kenaikan penjualan iPhone ini sebenarnya cukup mengejutkan mengingat biasanya penjualan iPhone di musim panas mulai melemah karena konsumen lebih memilih menunggu iPhone baru yang diluncurkan di musim gugur.

Adapun Apple mencatat total pendapatan USD 81,4 miliar ini menunjukkan kenaikan 36% ketimbang tahun lalu. Dari total pendapatan itu, Apple mencatatkan laba USD 21,7 miliar, hampir dua kali lipat dari periode yang sama di tahun lalu.

Apple sendiri dirumorkan akan mengumumkan iPhone 13 di bulan September, tidak terlambat seperti peluncuran iPhone 12 yang terdampak pandemi Corona.



Simak Video "iPhone 13 Diejek Samsung"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)