Laptop Dalam Negeri Bisa Bersaing dengan Laptop Impor, Asalkan...

Laptop Dalam Negeri Bisa Bersaing dengan Laptop Impor, Asalkan...

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Sabtu, 24 Jul 2021 20:37 WIB
Pabrik Axioo
Foto: Dok. Axioo
Jakarta -

Harga laptop produksi Indonesia diyakini bakal bisa bersaing dengan laptop dari luar negeri. Namun ada syaratnya...

Menurut Michael Sugiarto, Dirut PT Tera Data Indonesia, pemegang merk Axioo, keyakinannya ini bisa diwujudkan jika visi Kementerian Perindustrian Republik Indonesia terkait engineering center untuk laptop di Indonesia bisa terwujud, yang akan menekan biaya produksi komponen.

"Bila visi Kementrian Perindustrian Republik Indonesia engineering center untuk laptop di Indonesia bisa terwujud sehingga mampu menekan biaya produksi komponen-komponen. Dengan demikian harga laptop produksi dalam negeri bisa bersaing dengan laptop dari luar negeri," pungkas Michael dalam keterangan yang diterima detikINET.

Axioo pun mendukung inisiatif Kemenperin untuk mewujudkan kehadiran engineering center laptop di Indonesia. Tujuannya untuk memicu terbentuknya ekosistem produksi laptop, dari mulai properti intelektual sampai komponen utama dan pendukung produk laptop di Indonesia.

Sejauh ini ada enam perusahaan yang siap memasok laptop lokal sebanyak 718.000 unit di tahun ini untuk dibagikan ke sekolah di seluruh Indonesia, dengan tingkat TKDN yang sudah memenuhi ketentuan pemerintah. Salah satu dari enam perusahaan itu adalah Axioo.

Axioo juga mengapresiasi setinggi-tinginya kepada Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi atas kepercayaan yang diberikan kepada Axioo Chromebook dalam rangka pemenuhan kebutuhan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) tahun anggaran 2021.

"Kami menyambut dengan baik segala bentuk dukungan pemerintah terhadap produk buatan Indonesia dan kami akan terus mengupayakan seluruh produk Axioo memiliki nilai TKDN diatas 40% sebagai upaya kami mendukung program pemerintah untuk membangkitkan industri dalam negeri," pungkas Michael.

Mereka pun mengklaim berkontribusi aktif untuk berinvestasi dalam intelektual properti lokal Indonesia. Dengan ini semua, Axioo mampu menunjukkan komitmen dan kapabilitas untuk mendukung transfer ilmu dibidang Teknologi Ilmu Komputer baik berupa Industrial Design (ID), Mechanical Engineering (ME), Electrical Engineering (EE), Prototyping, dan juga pengembangan Sumber Daya Manusia yang mumpuni serta mendorong lokalisasi produksi komponen.



Simak Video "Peluang Ekosistem Digital di Balik Program Laptop Gratis Kemdikbud"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/rns)