Salip Apple, Xiaomi Vendor HP Terbesar Kedua Dunia

Salip Apple, Xiaomi Vendor HP Terbesar Kedua Dunia

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 16 Jul 2021 12:45 WIB
Xiaomi Mi 11 Ultra
Salip Apple, Xiaomi Jadi Vendor HP Terbesar Kedua di Dunia Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Xiaomi menyalip Apple dan menjadi vendor ponsel terbesar kedua di dunia pada kuartal kedua tahun 2021. Menurut data dari perusahaan riset Canalys, vendor asal China ini mengalami lonjakan pertumbuhan hingga 83% dibandingkan Q2 2020.

Dengan lonjakan ini, pangsa pasar Xiaomi kini mencakup 17% dan menempatkannya di posisi dua secara global. Posisi puncak masih dipegang oleh Samsung dengan pangsa pasar 19%.

Sementara itu Apple turun ke peringkat tiga dengan pangsa pasar 14%. Posisi lima besar dilengkapi dengan dua vendor ponsel asal China yaitu Oppo dan Vivo yang masing-masing memiliki pangsa pasar 10%.

Nama Huawei tidak terlihat di daftar lima besar karena vendor ini diterpa banyak masalah sejak masuk daftar hitam yang membuatnya tidak bisa masuk pasar tertentu (terutama Amerika Serikat) dan tidak bisa mengakses produk dan teknologi asal AS.

Absennya Huawei di pasar global langsung dimanfaatkan oleh rekan senegaranya, dan Xiaomi menjadi vendor yang paling merasakan manfaatnya. Canalys mengatakan Xiaomi tumbuh paling pesat di Amerika Latin, Afrika dan Eropa Barat.

Pangsa pasar global Q2 2021Pangsa pasar global Q2 2021 Foto: dok. Canalys

Menurut Canalys, harga ponsel yang kompetitif merupakan faktor terbesar keberhasilan Xiaomi, terutama jika dibandingkan dengan harga premium yang ditawarkan oleh Samsung dan Apple.

"Namun, sebagian besar masih condong ke pasar besar, dan dibandingkan dengan Samsung dan Apple, harga jual rata-ratanya masing-masing sekitar 40% dan 75% lebih murah," kata Research Manager Canalys Ben Stanton, seperti dikutip dari TechCrunch, Jumat (16/7/2021).

"Jadi prioritas besar bagi Xiaomi tahun ini adalah untuk meningkatkan penjualan perangkat high end-nya, seperti Mi 11 Ultra," sambungnya.

Stanton menambahkan Xiaomi mungkin akan menghadapi tantangan dari Oppo dan Vivo karena ketiga vendor ini memiliki tujuan yang sama. Tidak seperti Xiaomi, Oppo dan Vivo juga lebih bersedia untuk mengeluarkan lebih banyak uang untuk pemasaran.



Simak Video "iPhone 13 Diejek Samsung"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)