LG Tunda Rencana Jualan iPhone di Tokonya, Kenapa?

LG Tunda Rencana Jualan iPhone di Tokonya, Kenapa?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 11 Jul 2021 21:00 WIB
iPhone 12 Pro Max
LG Tunda Rencana Jual iPhone di Tokonya Foto: Dok. Apple
Seoul -

Beberapa waktu yang lalu, terungkap rencana LG untuk menjual iPhone di toko ritelnya setelah mereka mundur dari bisnis ponsel. Kini rencana tersebut harus ditunda setelah diprotes.

Seperti diberitakan sebelumnya, LG berencana menjual beberapa produk Apple seperti iPhone, iPad dan Apple Watch di tokonya. Saat ini LG memiliki lebih dari 400 Best Shops di Korea Selatan yang akan memiliki banyak ruang kosong begitu mereka berhenti menjual ponsel.

Protes ini datang dari bisnis kecil dan menengah yang turut menjual ponsel. Pemerintah Korea Selatan memang memiliki kebijakan yang mencegah perusahaan besar seperti LG dan Samsung menjual produk pesaing di tokonya untuk melindungi peritel kecil.

Jika LG tetap mengikuti rencana menjual iPhone di tokonya, peritel kecil khawatir toko-toko besar ini akan menarik semua calon pembeli, padahal sudah banyak bisnis kecil yang rentan di tengah pandemi.

Sebelum menerima protes dari bisnis kecil dan menengah, LG juga menerima protes serupa dari Samsung yang tidak terima karena keputusan ini akan menguntungkan kompetitornya dan mengancam pangsa pasar mereka di negara sendiri, seperti dikutip dari GSM Arena, Minggu (11/7/2021).

LG juga memiliki kekhawatiran tersendiri. Jika LG benar-benar menjual produk Apple, maka mereka akan kekurangan tenaga kerja dan kanal distribusi yang seharusnya dialokasikan untuk produk LG.

Selain itu, ada juga kekhawatiran bahwa penjualan ponsel akan mempengaruhi penjualan alat elektronik rumah tangga, apalagi alat rumah tangga pintar. Jadi kerugian di penjualan ponsel ditakutkan akan mempengaruhi bisnis lain.

Perselisihan antara Apple dan LG juga disebut sebagai faktor lainnya. LG diklaim ingin menjual perangkat Apple di semua toko Best Shops miliknya, tapi Apple hanya ingin menjual produknya di sekitar 200 toko karena beberapa lokasi toko tidak sesuai dengan keinginannya.

LG juga dikabarkan menghentikan program pelatihan karyawan yang disiapkan untuk menjual produk Apple. LG mengatakan penundaan rencana ini hanya bersifat sementara, tidak diketahui apakah akan dilanjutkan kembali setelah pandemi berakhir.



Simak Video "iPhone 13 Diejek Samsung"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)