Merger Jadi GoTo, Ini Sejarah Gojek dan Tokopedia Sampai Meraksasa - Halaman 2

Merger Jadi GoTo, Ini Sejarah Gojek dan Tokopedia Sampai Meraksasa

Tim - detikInet
Senin, 17 Mei 2021 13:17 WIB
Group GoTo
Gojek dan Tokopedia merger jadi GoTo. Foto: dok Group GoTo

Tokopedia

Tokopedia didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edision. Kehadirannya tidak terlepas dari pengalaman hidup salah satu pendirinya.

Kala itu William bekerja di forum jual beli. Pria kelahiran Pematang Siantar itu kerap mendapati banyak komplain dari pengguna yang mengalami penipuan transaksi. Akhirnya timbul ide untuk membuat sebuah tempat yang terpercaya untuk jual beli online.

Meski sempat diragukan karena tidak ada latar belakang bisnis, Wiliam tetap nekat mewujudkan keinginanya itu. Akhirnya pada pada 6 Februari 2009, ia bersama Leon mendirikan Tokopedia. Pada 17 Agustus 2009, e-commerce itu resmi diluncurkan.

Pada bulan pertama berdiri, Tokopedia berhasil menggaet 509 merchants dengan 4.560 member. Jumlah transaksi yang dibukukan hanya Rp 33 juta. Setahun berdiri, Tokopedia mengalami perkembangan signifikan. Mereka berhasil mengandeng 4.659 merchant dengan 44.785 members. Transaksi yang ditorehkan mencapai Rp 5,954 miliar.

Angka tersebut terus bertambah. Pada awal tahun 2017, Tokopedia telah memiliki 40 juta produk dengan 12 juta pengguna. Sementara total transaksi tembus lebih dari Rp 1 triliun per bulan. Saat ini, mereka menjelma jadi salah satu e-commerce terbesar di Indonesia.

Meski awalnya Wiliam mengaku sulit mendapatkan suntikan dana, berkat sejumlah pencapaian Tokopedia, sejumlah investor mulai berdatangan. Tercatat di antaranya adalah East Venture, CyberAgent Venture dan Softbank.

Setelah mendapatkan modal yang sangat besar, Tokopedia makin berlari kencang. Saat ini, valuasi Tokopedia sudah tembus lebih dari USD 7,5 miliar.

(fyk/fay)