MessageBird Akuisisi SparkPost Senilai Rp 8,6 Triliun

MessageBird Akuisisi SparkPost Senilai Rp 8,6 Triliun

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 29 Apr 2021 22:30 WIB
MessageBird
Foto: Dok. MessageBird
Jakarta -

MessageBird, platform komunikasi omnichannel mengumumkan telah memasuki tahap dokumentasi definitif untuk mengakuisisi SparkPost senilai USD 600 juta atau sekitar Rp 8,6 triliun.

SpartPost sendiri adalah platform email intelligence yang diklaim satu-satunya di dunia. Proses akuisisi ini bakal selesai pada Q2 2021 setelah menerima persetujuan dari pihak berwajib.

Akuisisi ini merupakan langkah penting bagi MessageBird dalam membangun platform omnichannel global untuk membuat komunikasi dengan perusahaan semudah dan sealami berbicara dengan teman.

MessageBird sendiri punya portfolio pelanggan seperti Grab, Shopee, Gojek, ByteDance, dan lain-lain.

"Akuisisi SparkPost akan semakin memperkuat kemampuan kami dalam melayani pelanggan melalui email sebagai value channel yang powerful, dan dengan informasi yang paling kontekstual dan relevan," ujar Robert Vis, CEO MessageBird dalam keterangan yang diterima detikINET.

"Kami juga sangat antusias untuk mengembangkan cakupan kami di Asia Pasifik dan memanfaatkan akuisisi ini sebagai langkah yang logis dan menarik dalam misi kami untuk menjadi platform terkemuka yang dipilih perusahaan-perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka melalui channel apapun di seluruh dunia," tambahnya.

Platform MessageBird yang saat ini memimpin pasar, adalah platform yang memungkinkan perusahaan-perusahaan untuk berkomunikasi secara mulus dengan para pelanggan di channel yang mereka gunakan setiap hari.

"Melalui penggabungan dengan MessageBird, kami akan dapat memberikan value yang lebih luas dan lebih dalam kepada semua pelanggan kami melalui channel komunikasi digital apa pun," kata Rich Harris, CEO of SparkPost dalam keterangan yang sama.

Bagi pelanggan tersedia berbagai opsi seperti solusi "lego block" yang unik - seperti Inbox yang berfokus pada costumer service, tool komunikasi pemasaran Campaign Builder, dan Video untuk mentransformasi fisik ke digital - serta rangkaian API lengkap untuk tim developer.

Channel-channel yang dapat diakses oleh pelanggan melalui platform MessageBird sudah termasuk Live-chat, Video, SMS, WhatsApp, Instagram, Google Business Messages, Apple Business Chat, Voice, Messenger, WeChat, RCS, Line, dan Telegram.

Secara global, email tetap menjadi saluran komunikasi bisnis terbesar berdasarkan volume, dan akuisisi ini akan menambahkan layanan pengiriman email dan platform deliverability paling terpercaya di industri ke dalam rangkaian produk sudah yang luas ini.

Perpanjangan pendanaan Seri C US$ sebesar 1 Miliar yang diterima MessageBird saat ini terbilang sebagai putaran Seri C terbesar yang pernah ada dan terbesar kedua di kawasan Atlantik. Transaksi ini didanai oleh Eurazeo, Tiger Global, Owl Rock, dan pendanaan serta akun-akun yang dikelola oleh BlackRock, dengan partisipasi dari seluruh investor yang ada.



Simak Video "3 Miliar Email dan Password Bocor di Internet, Apa Bahayanya?"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)