Xendit Luncurkan Program Baru untuk Bantu UMKM Naik Kelas

Xendit Luncurkan Program Baru untuk Bantu UMKM Naik Kelas

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 23 Apr 2021 19:30 WIB
Xendit Level Up Program
Xendit Luncurkan Program Baru untuk Bantu UMKM Naik Kelas Foto: dok. Xendit
Jakarta -

Xendit, perusahaan penyedia solusi pembayaran digital, meluncurkan inisiatif 'Xendit Level Up Program' untuk membantu UMKM lokal yang terdampak pandemi COVID-19 agar bisa go digital dan naik kelas.

Inisiatif ini digalakkan setelah Xendit melihat peningkatan jumlah UMKM yang bergabung dalam layanannya sebesar 140% di tahun 2020. Selain itu UMKM juga memiliki potensi yang besar dilihat dari supply dan demand-nya.

"Melihat dari catatan itu strategi kami fokus pada UMKM. UMKM kita 19% sudah go digital tapi itu sangat jauh," kata Inbound Sales Lead Xendit Patricia Muljadi dalam konferensi pers virtual, Jumat (23/4/2021).

Lewat program ini, Xendit akan membebaskan biaya layanan sebesar Rp 1 miliar selama satu tahun untuk 1.000 UMKM terpilih di Indonesia dan Filipina. Xendit sendiri tidak memiliki biaya bulanan atau biaya administrasi, tapi mereka menarik biaya layanan setiap ada pembayaran yang berhasil.

Patricia mengatakan biaya-biaya seperti ini yang kadang membuat UMKM jadi enggan untuk go digital. Untuk itu, Xendit meluncurkan program ini demi membantu program pemerintah yang ingin membawa 30 juta UMKM go digital pada tahun 2030.

Dengan layanan Xendit, UMKM bisa memberikan beragam metode pembayaran untuk pengguna mulai dari transfer bank, e-wallet, tunai, dan lain-lain yang diharapkan bisa membantu UMKM menjangkau lebih banyak konsumen.

Untuk mengikuti program ini, UMKM dan pemilik bisnis di bidang ritel, e-commerce dan jasa harus mendaftar di halaman resmi Xendit Level Up. Pendaftaran ini akan dibuka 23 April sampai 30 Juni 2021.

Setelah itu, buat video berdurasi tiga menit yang menjelaskan bisnis kalian dan mengapa bisnis kalian harus dipilih oleh Xendit. Unggah video yang telah dibuat ke YouTube lalu sertakan link video ke dalam formulir pendaftaran.

"Agar kami bisa membagikan slot ini kepada mereka yang pantas menerima, mereka harus membuat video pendek di mana pemilik bisnis menjelaskan bisnis mereka sendiri dan mereka harus memiliki visi yang jelas," kata Patricia.

"Yang pasti tujuan kami adalah stigma bahwa teknologi itu susah, mahal, tidak untuk UMKM itu yang ingin kami hilangkan," pungkasnya.



Simak Video "Semangat Pemuda di Ciamis Bisnis Miniatur Pesawat Bermodal Bantuan UMKM"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)