Bill Gates Pernah Sebut Bitcoin Cs Sebabkan Kematian

Bill Gates Pernah Sebut Bitcoin Cs Sebabkan Kematian

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 21 Apr 2021 17:09 WIB
Bill Gates
Bill Gates. Foto: Reuters
Jakarta -

Bill Gates sudah cukup lama tidak begitu menyukai mata uang digital seperti Bitcoin, Ethereum dan lainnya. Bahkan ia pernah mengatakan Bitcoin menyebabkan kematian. Kenapa memangnya?

Kala itu tahun 2018. Bitcoin sudah lumayan populer, tapi kadang digunakan untuk transaksi narkoba. Selain itu menurut sang pendiri Microsoft, anonimitas mata uang digital bisa saja dimanfaatkan teroris dan pencucian uang.

"Fitur utama mata uang kripto adalah anonimitasnya. Saya pikir ini bukan hal baik. Pada saat ini, mata uang kripto digunakan untuk membeli fentanyl dan narkoba lainnya sehingga ini adalah teknologi langka yang menyebabkan kemaian dalam cara yang cukup langsung," katanya kala itu seperti dikutip detikINET dari BBC.

Di tahun yang sama, Gates juga berkomentar negatif terhadap mata uang kripto terutama Bitcoin. Bahkan ia mau saja bertaruh bahwa Bitcoin tidak akan sukses.

"Sebagai sebuah aset, Bitcoin tidak memproduksi apa-apa, dan kamu tidak seharusnya mengharapkan bahwa nilai Bitcoin akan terus naik. Ini seperti sebuah teori yang benar-benar bodoh dalam investasi," ujarnya.

Gates juga tidak berminat punya bitcoin. "Seseorang pernah memberiku sejumlah Bitcoin sebagai kado ulang tahun, tapi aku menjualnya beberapa tahun setelahnya," ucapnya menambahkan.

Meski skeptis dengan Bitcoin, pria terkaya kedua di dunia setelah Jeff Bezos ini tak mengutarakan hal yang sama terhadap blockchain. Sebagaimana diketahui, sistem tersebut merupakan fondasi di balik seluruh transaksi yang dilakukan menggunakan Bitcoin.

Halaman selanjutnya: Sikap terkini Bill Gates terhadap Bitcoin