Astaga, Harga Bitcoin Bisa Meroket ke Rp 5,8 Miliar

Astaga, Harga Bitcoin Bisa Meroket ke Rp 5,8 Miliar

Tim - detikInet
Kamis, 15 Apr 2021 07:21 WIB
Bitcoin Melambung Di Atas 20 Ribu Dolar, Bakal Jadi Incaran Investor Awam?
ilustrasi bitcoin. Foto: DW (News)
Jakarta -

Bitcoin adalah sasaran investasi yang belakangan makin diminati lantaran harga terus meroket. Terbaru, nilainya menurut Forbes mencapai rekor USD 63 ribu atau di kisaran Rp 921 juta. Bahkan ada prediksi nilai bitcoin bisa tembus sampai USD 400 ribu atau Rp 5,8 miliar di akhir tahun ini.

"Sekarang, di saat beberapa analis mencoba melihat sampai mana topnya, seorang analis Bloomberg memprediksi harga Bitcoin bisa tembus USD 400 ribu tahun ini," sebut Forbes yang dikutip detikINET.

Bloomberg dalam "Crypto Outlook" edisi April memang memberikan proyeksi harga paling tinggi dibandingkan yang lainnya. Sang analis bernama Mike McGlone menilai ramalan teknis bitcoin di 2021 tetap kuat menuju ke atas, dengan melihat juga pola di masa silam.

Mengutip CNBC Indonesia, Target harga tersebut lebih tinggi dari Citibank sebesar US$ 318.000/BTC atau Rp 4,6 miliar per koin.

Melansir Nasdaq, proyeksi dari Bloomberg tersebut berdasarkan perhitungan sejarah pergerakan Bitcoin, yang dianalisis dengan beberapa faktor seperti likuiditas, volatilitas, serta jumlah bitcoin yang ditambang.

Analis dari Bloomberg juga mengatakan jumlah pelaku pasar yang ingin menjual bitcoin saat ini lebih rendah dari biasanya, banyak yang lebih memilih menyimpannya dalam waktu yang lama. Maklum saja, penerimaan bitcoin kini semakin meluas.

Bitcoin adalah mata uang dalam bentuk elektronik, disebut juga sebagai mata uang virtual, mata uang digital, atau mata uang kripto (crypto currency), sehingga tidak ada bentuk fisiknya sama sekali. Selain bitcoin, mata uang digital lain yang populer misalnya ethereum.

Tidak ada koin Bitcoin seperti mata uang konvensional. Bitcoin, sama seperti mata uang digital lainnya, disimpan di internet.

Meski tidak ada wujudnya seperti mata uang Rupiah, Bitcoin tetap nyata dan ada. Hanya saja, Bitcoin biasa digunakan untuk transaksi online di internet.



Simak Video "El Salvador Negara Pertama yang Jadikan Bitcoin Alat Pembayaran Sah"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)