Sequioa Suntik Rp 2,8 Triliun untuk Genjot Pertumbuhan Startup

Sequioa Suntik Rp 2,8 Triliun untuk Genjot Pertumbuhan Startup

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 09 Apr 2021 16:30 WIB
Sequioa Surge
Foto: Dok. Surge
Jakarta -

Sequioa Capital India menggelontorkan uang sebesar USD 195 juta atau sekitar Rp 2,8 triliun untuk menggenjot pertumbuhan Surge, program akselerator startup milik mereka.

Surge adalah program akselerator yang digelar dua kali setahun untuk startup di Asia Tenggara dan India. Program ini sendiri dimulai sejak 25 Maret 2019, dan saat ini punya 69 startup di komunitasnya, yang tersebar di lebih dari 15 sektor dengan 164 pendiri dari 17 kewarganegaraan yang berbeda.

Kebanyakan startup yang dibina Surge, tepatnya sepertiganya, membangun produk sofware as a services (SaaS) yang mayoritas untuk pasar global. 25% dari startup tersebut adalah startup consumer internet, 13% membangun consumer brand, dan 12% adalah startup business to business (B2B).

"Kami juga memiliki startup Surge di EdTech, HealthTech, Deep Tech, FinTech, dan lainnya," ujar Shailendra Singh dalam keterangan yang diterima detikINET, Jumat (9/4/2021).

Lewat upaya open architecture, Sequioa menjadikan Surge sebagai upaya kolaboratif dengan investor dana awal dan angel investor lainnya, dan mereka juga tidak mengenakan biaya program agar investor lain dapat berinvestasi dengan persyaratan serupa.

"Startup Surge dari empat cohort pertama telah mengumpulkan total gabungan US$ 172 juta atau sekitar Rp 2,5 triliun dalam putaran Surge mereka. Kami senang bahwa lebih dari 100 investor telah bermitra bersama dengan Surge dalam putaran ini pada awal program," tambahnya.

Ditambahkannya, 30 dari 52 startup di tiga cohort pertama sudah mengumpulkan lebih dari USD 390 juta sebagai modal lanjutan dalam program tersebut. Selain itu, mereka pun melihat adanya peningkatan tajam dalam valuasi perusahaan mereka.

Selama dua tahun terakhir, Surge sudah mengadakan lebih dari 640 jam workshop dan masterclass company-building, yang melibatkan lebih dari 150 founder, mentor, dan pembicara terkenal.

"Semangat mereka, visi dan keinginan kuat untuk memberikan dampak kepada dunia dan menjadi agen perubahan adalah hal yang sungguh istimewa," tutup Singh.



Simak Video "Seperti Start-Up, Deretan Drakor Ini Berkisah tentang Perjuangan Meraih Mimpi"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)