Kejatuhan Spektakuler Nokia dan Siapa Tersangkanya - Halaman 2

Kejatuhan Spektakuler Nokia dan Siapa Tersangkanya

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 07 Apr 2021 05:45 WIB
Nokia 7650
Salah satu ponsel paling inovatif Nokia 7650. Foto: istimewa

Masa Stephen Elop

Stephen Elop menjadi CEO Nokia pada tahun 2010 dan langsung melakukan berbagai keputusan drastis. Di antaranya mematikan Symbian dan memilih memakai OS Windows Phone di lini smartphone Nokia.

Padahal kala itu, OS Android mulai mencapai popularitas sehingga pilihan Elop kukuh menggunakan Windows Phone dipertanyakan. Beberapa pihak pun bahkan menilai Elop adalah orang suruhan Microsoft, tempat kerjanya semula, untuk melemahkan Nokia.

Padahal, banyak analis yang berpendapat, jika saja saja vendor Finlandia ini mengusung smartphone Android, tentu posisinya di pasar ponsel tidak akan terpuruk. Namun Elop punya alasannya sendiri.

Stephen ElopStephen Elop. Foto: Getty Images

"Kami saat itu telah mempertimbangkan apakah akan memilih Android atau Windows. Penting untuk dicatat, bahwa integrasi adalah sesuatu yang dicari oleh pengguna. Jika menggunakan Lumia 920 yang berjalan di Windows Phone, maka pengguna akan terintegrasi dengan Windows PC atau Xbox. Apa yang kami cari ada pada sisi Microsoft," ujar Elop ketika itu.

Dengan beralih ke platform Microsoft tersebut, Elop mengaku tidak khawatir jika Nokia akan mendapatkan pangsa pasar yang kecil.

"Jika menggunakan Android, tentu akan terlambat bagi siapapun di industri ini karena sudah ada satu vendor yang telah mendominasi dan mengorbankan vendor lain. Dalam dua tahun terakhir, Samsung menangkap pangsa pasar Android secara besar-besaran dan memeras vendor lain sehingga hanya kebagian pasar yang lebih sedikit," tandasnya.

"Kami memang membuat penyesuaian. Namun sangat jelas bagi kami bahwa dalam perang ekosistem saat ini, kami punya keputusan berkelas untuk fokus pada Windows Phone dengan lini produk Lumia," sebut Elop di kesempatan berbeda.

"Dan dengan itulah kami berkompetisi dengan kompetitor seperti Samsung dan Android," tambah pria berkebangsaan Kanada ini.

Halaman selanjutnya: Dijual murah ke Microsoft...