Nilai Belanja Aplikasi Tembus Rp 465,2 Triliun di Q1 2021

Nilai Belanja Aplikasi Tembus Rp 465,2 Triliun di Q1 2021

Josina - detikInet
Sabtu, 03 Apr 2021 08:26 WIB
aplikasi tiktok
Foto: Unsplash/Kon Karampelas
Jakarta -

Firma analisis dan riset aplikasi mobile App Annie merilis laporan terbarunya yang mengungkapkan pengguna ponsel telah menghabiskan uangnya sebanyak USD 32 miliar atau sekitar Rp 465,2 triliun untuk pembelian dalam aplikasi (in-app purchases) pada kuartal pertama 2021.

Angka tersebut mencatat rekor menjadi kuartal terbesar yang meningkat 40% dari kuartal yang sama pada tahun 2020. Peningkatan ini terjadi karena dampak besar dari pandemi COVID-19 di pasar aplikasi.

App Anie menemukan banyak orang mengunduh game serta aplikasi streaming video dan media sosial. Pasar mulai tumbuh lebih cepat daripada sebelumnya karena hal tersebut, di mana pengguna smartphone menghabiskan USD 9 miliar lebih banyak pada kuartal pertama 2021 dibandingkan tahun sebelumnya.

Dampak pandemi juga memberi berkah bagi Apple App Store yang memperoleh penjualan lebih dari USD 1,8 miliar dari musim liburan lalu. Angka tersebut termasuk rekor penjualan sebesar USD 540 juta untuk Hari Tahun Baru tahun ini sebagaimana dilansir detikINET dari PYMNT, Sabtu (3/4/2021).

Konsumen menghabiskan jumlah rekor selama musim liburan, dengan App Store memperoleh sekitar USD 200 miliar untuk pengembang sejak debutnya di tahun 2008. Jumlahnya sekitar 40% lebih tinggi daripada tahun 2019. Apple mengatakan memiliki sekitar 90 juta pengguna aktif bulanan di aplikasi Apple Books.

"Sekarang, lebih dari sebelumnya, pelanggan di seluruh dunia telah menemukan inspirasi dan nilai dalam keluasan dan kualitas layanan Apple, yang telah mempengaruhi kehidupan mereka secara besar dan kecil setiap hari," kata Apple Senior Vice President of Internet Software and Services Eddy Cue.

Cue mengatakan perusahaan sangat optimis tentang ke mana tujuannya.



Simak Video "Rudi Soedjarwo Dobrak Kebiasaan Industri Film Lewat 'Maudikenal"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)