Nah Lho, Komponen iPhone Bakal Langka Sampai 2022

Nah Lho, Komponen iPhone Bakal Langka Sampai 2022

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 01 Apr 2021 12:15 WIB
SHENZHEN, CHINA - SEPTEMBER 20: (CHINA OUT) Workers stricken by food poisoning receive treatment at the Peoples Hospital of Longhua on September 20, 2006 in Shenzhen of Guangdong Province, China. In stable condition now about one hundred and eighty workers from Shenzhen Foxconn Group were hospitalized after contracting food poisoning at Foxconn?s factory. Local sanitation and epidemic prevention and disease control departments have taken sample foods for testing. (Photo by China Photos/Getty Images)
Foto: Getty Images
Jakarta -

Kelangkaan komponen elektronik seperti chip semikonduktor yang terjadi secara global diperkirakan akan terjadi setidaknya sampai 2022.

Ini adalah pernyataan Foxconn, perusahaan yang menjadi perakit sejumlah produk buatan Apple dan berbagai produk elektronik perusahaan lain. Mereka menyatakan sudah mulai merasakan dampak dari kelangkaan komponen elektronik tersebut.

CEO Foxconn Young Liu menyebut mereka tak akan bisa memenuhi sejumlah pesanan produk karena kelangkaan ini, yang ia perkirakan akan terjadi setidaknya sampai Q2 2022.

"(Pasokan) untuk dua bulan pertama di kuartal ini masih oke, karena klien kami semuanya (perusahaan) besar, namun kami mulai melihat adanya perubahan mulai bulan ini," ujar Liu dalam earnings call pada para investor Foxconn.

Dampak dari kelangkaan ini diperkirakan tidak terlalu besar, setidaknya untuk saat ini. Menurut Liu, Foxconn memperkirakan akan kehilangan 10% dari pesanannya karena komponen yang langka ini.

Namun mengingat konsumen Foxconn biasanya memesan barang dalam jumlah besar, 10% ini artinya jumlah yang banyak juga. Terutama untuk konsumen Foxconn seperti Apple yang akan terkena dampak seperti penundaan kehadiran produk baru iPhone.

Foxconn sendiri sudah mengalami pelambatan produksi sejak pandemi terjadi, yaitu karena mengikuti aturan lockdown dan karantina untuk pekerja pabrik. Pelambatan itu juga berdampak pada banyak hal, seperti tertundanya peluncuran lini iPhone 12 dan lainnya.

Dibandingkan dengan penundaan pada awal pandemi itu, penundaan karena kelangkaan komponen ini terlihat tidak seberapa. Namun jika terus terjadi, penundaan ini akan terus menumpuk sampai parah pada akhir tahun ini.

Sebelum Foxconn ada juga Samsung yang memperingatkan para investornya terhadap ketidakseimbangan yang terjadi pada bisnis semikonduktor, yang terjadi akibat kelangkaan chip secara global, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (1/4/2021).

Sebelumnya sudah ada banyak perusahaan, dari mulai perusahaan otomotif, sampai perusahaan teknologi yang mengeluhkan kesulitan mendapatkan chip. Hal tersebut berdampak pada harga produk di pasaran yang melonjak, contohnya adalah kartu grafis PC yang harganya naik dua, atau bahkan tiga kali lipat.



Simak Video "Apple Dikabarkan Sedang Buat iPhone Layar Lipat"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)