Inisiatif Tokopedia Dorong Transaksi UMKM Medan Naik 2,5 Kali Lipat

Inisiatif Tokopedia Dorong Transaksi UMKM Medan Naik 2,5 Kali Lipat

Abu Ubaidillah - detikInet
Selasa, 30 Mar 2021 22:28 WIB
Tokopedia bantu UMKM
Foto: dok. Tokopedia
Jakarta -

Untuk membantu pegiat usaha di Indonesia, Tokopedia menyelenggarakan inisiatif hyperlocal. Selama Februari 2021, KTP Medan mencatat peningkatan jumlah pembeli lebih dari 2,5 kali lipat dibanding bulan sebelumnya.

Head of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Trian Nugroho, menjelaskan kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP) Medan adalah salah satu wujud inisiatif ini. Praktiknya, UMKM Medan bisa mendapat pendampingan memulai dan mengembangkan usaha online maupun lewat halaman khusus di Tokopedia.

Inisiatif tersebut dilakukan agar UMKM setempat bisa menjadi raja di negerinya sendiri dengan pemanfaatan teknologi. Adapun kategori paling diburu dalam kampanye ini adalah makanan, minuman, kesehatan dan perawatan tubuh, serta elektronik.

"Jumlah transaksi lewat kampanye KTP Medan juga meningkat lebih dari 2,5x lipat. Fog Apothecary dan Aloya Coffee adalah contoh UMKM lokal di Medan yang merasakan dampak positif dari kampanye KTP Medan," kata Trian dalam keterangan tertulis, Selasa (30/3/2021).

Salah satu yang memanfaatkan inisiatif adalah pemilih Fog Apothecary, Vivi Tantri yang juga menjual produk essential oil dan wewangian rumah berbahan alami pada 2016. Ia mulai bergabung dengan Tokopedia pada 2018.

Tokopedia bantu UMKMTokopedia bantu UMKM Foto: dok. Tokopedia

"Melalui Tokopedia, produk saya bisa dinikmati pelanggan dari luar Medan, seperti Bali hingga Kalimantan. Sejak bergabung dengan Tokopedia, omzet saya meningkat lebih dari 100%," kata Vivi.

Vivi menjelaskan selama tahun 2020, transaksi Fog Apothecary meningkat hampir 7,5 kali lipat. Menurutnya produk linen spray, pengusir serangga, dan morning mist menjadi produk paling laris selama pandemi.

Manfaat serupa juga dirasakan oleh pemilik Aloya Coffee, Lian Purba. Ia bersama dua partner bisnisnya bekerja sama dengan sekitar 30 petani kopi di berbagai daerah Indonesia, termasuk Sumatera Utara dan Aceh untuk menyuplai biji kopi berkualitas.

"Setiap biji kopi yang kami sajikan langsung berasal dari para petani lokal," ujar Lian.

Lian mengatakan selain berkolaborasi melalui platform digital, pegiat usaha lokal juga harus melakukan inovasi agar terus relevan dengan masyarakat. Ia mencontohkan misalnya membuat varian kopi siap minum dengan daging durian asli ke depannya.

Tokopedia bantu UMKMTokopedia bantu UMKM Foto: dok. Tokopedia

Berkaitan dengan inisiatif hyperlocal, selain KTP Medan Tokopedia juga meluncurkan Keluarga Tokopedia, yakni wadah untuk memfasilitasi pegiat usaha, khususnya UMKM lokal, saling berbagi informasi dan inspirasi dalam menciptakan peluang usaha daring.



Simak Video "Tokopedia Dukung UMKM Bertahan, Bangkit dan Tumbuh Saat Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)