Jualan di Twitter Lebih Efektif, Ramadhan Makin Ramai

Jualan di Twitter Lebih Efektif, Ramadhan Makin Ramai

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 18 Feb 2021 22:10 WIB
Ilustrasi Belanja
Ilustrasi belanja online. Foto: shutterstock
Jakarta -

Ramadhan 2021 diperkirakan akan jatuh pada April. Media sosial pun dibanjiri berbagai cuitan, khususnya di Twitter. Semenjak pandemi, terpantau adanya kenaikan volume percakapan di Twitter. Namun bukan cuma sekadar penambahan jumlah tweet, ini juga dibarengi perubahan perilaku lain termasuk kegiatan pemasaran produk.

Dwi Adriansah Country Industry Head Twitter Indonesia dalam konferensi pers baru-baru ini mengatakan adanya peningkatan sebesar 22% untuk percakapan terkait belanja dan memberi hadiah menjelang lebaran dibanding 2019. Tren ini juga kemungkinan akan terus berlangsung.

Pengguna juga cenderung pergi ke Twitter saat ingin berbagi informasi tentang produk baru (65%), yaitu produk yang telah mereka beli atau yang mereka rencanakan untuk beli. Karena itu, bagi mereka yang memiliki brand, ini adalah momen tepat untuk membangun engagement dengan customer.

Pengguna Twitter lebih brand-conscious dibandingkan mereka yang tidak menggunakan Twitter (60% dibandingkan dengan 34% orang yang tidak menggunakan Twitter). Pengguna Twitter di Indonesia juga semakin peduli terhadap kondisi lingkungan. Hal ini terlihat dari kesediaan mereka membayar lebih untuk produ berkelanjutan/ramah lingkungan (66%) dibandingkan dengan 28% orang yang tidak menggunakan Twitter).

Terakhir, pria yang akrab disapa Ade ini menegaskan kembali bahwa sebuah brand dapat terhubung lebih baik dengan masyarakat Indonesia dengan memanfaatkan jejaring sosial khususnya Twitter.

"Kecenderungan orang untuk lebih sering menggunakan media sosial pada masa pandemi adalah kesempatan bagi brand untuk belajar lebih banyak tentang audiens mereka. Brand dapat melakukan analisa percakapan tentang apa yang dibicarakan oleh audiens mereka tentang brand tersebut. Hasil dari analisa ini akan membantu brand menentukan strategi yang tepat untuk tetap terhubung dengan audiens mereka pada momen-momen penting, seperti misalnya pada bulan Ramadhan yang akan datang," tandasnya.



Simak Video "Tips Bersaing Dengan Kompetitor Saat Bulan Ramadhan"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)