Telkom Perkenalkan BigBox, Solusi Satu Data Indonesia

Telkom Perkenalkan BigBox, Solusi Satu Data Indonesia

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 02 Des 2020 19:53 WIB
Telkom BigBox
Foto: Screenshot
Jakarta -

Telkom Indonesia memperkenalkan solusi big data analytics mereka yang bernama BigBox, yang ditujukan untuk mendukung program Satu Data Indonesia yang dicetuskan pemerintah.

Peluncuran BigBox dilakukan secara virtual, Rabu (2/12/2020), yang dihadiri oleh Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo, Komisaris Utama Telkom Rhenald Kasali, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah dan Direktur Digital Business Telkom M Fajrin Rasyid serta founder BigBox Muhammad Sigit Pramudya.

BigBox diyakini mampu memenuhi semua hal yang tercantum dalam kebutuhan Satu Data Indonesia. Mulai dari lingkungan data yang terintegrasi dan mudah diakses, pengolahan data, analitik yang akurat dan dipertanggungjawabkan, sampai menghasilkan insight untuk pengambilan keputusan serta API (Application Programming Interface) marketplace yang memudahkan data dibagi-pakaikan.

Telkom BigBoxTelkom BigBox Foto: Screenshot

BigBox merupakan end-to-end big data platform dan produk buatan Amoeba sebagai inkubasi model startup internal perusahaan. BigBox juga memiliki vertical platform, yaitu social media analytic platform (BigSocial), e- commerce analytic platform (BigCommerce) dan one data management platform (BigOne). Khusus untuk BigOne, akan diusung oleh Telkom untuk menjadi platform Satu Data Indonesia, secara nasional.

Program Satu Data Indonesia adalah insiatif mengenai kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang terintegrasi, akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagi-pakaikan.

Inisiatif pemerintah ini ditujukan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas tata kelola data pemerintahan, tak hanya untuk pengambilan kebijakan tapi juga bentuk pemenuhan kebutuhan data publik bagi masyarakat.

"Layanan big data ini memberikan solusi data yang komprehensif dan diharapkan dapat dimanfaatkan secara luas baik oleh lembaga pemerintah, BUMN, dunia usaha, dan masyarakat," ungkap Kartika Wirjoatmodjo.

Sementara itu, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan bahwa BigBox merupakan wujud nyata kontribusi Telkom dalam pemanfaatan data bagi masyarakat luas.

"Diharapkan layanan ini mampu secara optimal mendorong ekonomi Indonesia maju lebih cepat. Selain itu, melalui BigBox kami juga mendorong digital talent di Telkom dan BUMN untuk dapat bersama menggali potensi big data ini dan mampu menghadirkan layanan terbaik untuk semua," jelas Ririek dalam acara tersebut.



Simak Video "Bagi Suntikan Dana hingga Rp 2 M, Ini Startup yang Dicari Telkom"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)