Bantu UMKM, Youtap Hadirkan 2 Inovasi Baru Portal Dagang & Print App

Bantu UMKM, Youtap Hadirkan 2 Inovasi Baru Portal Dagang & Print App

Angga Laraspati - detikInet
Rabu, 18 Nov 2020 17:30 WIB
Layanan Youtap
Foto: dok. Youtap
Jakarta -

Seiring dengan semakin tingginya urgensi UMKM untuk beradaptasi di masa pandemi, Youtap memberikan solusi untuk para pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya. Kali ini, Youtap menghadirkan inovasi terbaru dalam bentuk portal dagang dan Youtap Print App.

Berdasarkan hasil survei internal yang dilakukan oleh Youtap untuk menggali kebutuhan dari para pemilik usaha di bulan Mei 2020, tercatat kebutuhan bagi para merchant untuk bisa menjalankan usahanya secara lebih fleksibel dan praktis. Dari hasil survei tersebut, sebesar 36% dari merchant menyatakan kebutuhan untuk dapat menerbitkan struk belanja menggunakan printer yang dapat digunakan di mana saja dan terjangkau.

Setelah fokus mengembangkan aplikasi yang dapat membantu pelaku usaha menerima berbagai macam transaksi melalui gawai, Youtap Indonesia meningkatkan fitur dari Aplikasi Dagang Youtap dengan menyediakan Portal Dagang Youtap serta Youtap Print App. Kedua solusi terbaru ini diharapkan bisa semakin memudahkan pelaku usaha untuk meningkatkan skala bisnis.

CEO Youtap Indonesia, Herman Suharto mengatakan sebagai teman dagang, Youtap tidak berhenti berinovasi dan menyempurnakan layanan untuk membantu pelaku usaha terus bangkit dan dapat meningkatkan usahanya di masa yang sulit ini.

Setelah menghadirkan aplikasi pertama di Indonesia yang khusus untuk berdagang usaha mantap beberapa bulan lalu, Youtap juga kembali menghadirkan dua solusi utama yang mampu memberikan kecanggihan pengelolaan usaha bagi para pelaku usaha agar dapat memudahkan mereka dalam menjalankan bisnisnya sekaligus meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam berbelanja.

"Dengan begitu, kami berharap bisa semakin membantu mereka melakukan percepatan adopsi teknologi di masa sekarang ini dan membangun ekosistem yang kondusif untuk keberlanjutan bisnis yang tangguh," ujar Herman dalam keterangan tertulis, Rabu (18/11/2020).

Portal Dagang Youtap juga memiliki beberapa perbedaan dengan layanan yang ada di aplikasi dagang Youtap. Bila aplikasi dagang berfokus pada penerimaan transaksi pembayaran, pengelolaan barang serta laporan penjualan, Portal Dagang Youtap berfokus pada upaya pengelolaan bisnis yang lebih lengkap.

Tampilan dari Portal Dagang Youtap pun disajikan dengan tampilan yang lebih fresh, terperinci dan mudah untuk digunakan. Hal ini dapat ditemukan pada UX seperti analisa penjualan, riwayat transaksi yang detail, serta analisa penjualan yang lebih profesional.

Sementara itu, untuk membantu para pedagang mendapatkan pengalaman yang lebih maksimal dalam memantau penjualannya, terdapat beberapa menu yang bisa dimanfaatkan antara lain menu Ringkasan Penjualan, Kejar Target, Grafik Penjualan, Transaction Page, hingga E Voucher yang berfungsi sebagai manajemen untuk pengaturan voucher dalam pemberian promo.

Semua fitur terbaru tersebut semakin melengkapi kemudahan transaksi on the go bagi para pedagang yang sudah memanfaatkan fitur transaksi Tanpa Tatap Muka (TTM) dari Youtap, karena para pedagang dapat melakukan proses transaksi nirsentuh yang cepat dan tidak lagi dibatasi oleh keharusan tatap muka langsung karena cukup dengan mengirimkan kode QR miliknya kepada pembeli untuk melakukan pembayaran.

Kedua fitur yang saling melengkapi tersebut membuat para pedagang dapat dengan mudah menjalankan dan memantau bisnisnya dimanapun dan kapan pun. Pedagang bisa dengan mudah mengakses Portal Dagang Youtap ini melalui gawai, tablet, maupun PC.

Untuk dapat mengakses Portal Dagang Youtap, pengguna terlebih dahulu perlu memiliki akun Aplikasi Dagang Youtap yang bisa dilakukan dengan cara sign up di aplikasi dan untuk para merchant besar, Portal Dagang Youtap bisa didapatkan dengan menghubungi tim Sales & Partnership Youtap Indonesia. Setelahnya, para pelaku bisnis dapat langsung login dengan menggunakan Merchant ID.

Di sisi aplikasi, terdapat pula beberapa fitur baru yang semakin menambah pengalaman pengelola bisnis canggih yakni halaman pemrosesan pembayaran yang bisa sekaligus menampilkan opsi promosi. Selain itu, beberapa fitur lainnya adalah Filter on Transaction List, dan List of Product on Receipt. Fitur baru ini juga bisa dinikmati di Portal Dagang Youtap.

Youtap juga meluncurkan layanan Youtap Print App. Kehadiran layanan ini dapat semakin memudahkan pedagang untuk mencetak catatan penjualan yang akurat sekaligus memberi kenyamanan pelanggan untuk mendapat bukti transaksi yang sah. Ini juga didasari kebutuhan dari 36% para pelaku usaha yang menginginkan untuk dapat mencetak struk belanja dengan mudah.

Youtap membekali juga layanan ini dengan fitur Bluetooth Printer yang memberikan kemudahan bagi para pedagang yang sering melakukan usahanya di berbagai tempat seperti bazar ataupun pasar tanpa harus terhubung dengan kabel.

Beberapa data penting bisa terangkum di dalam struk belanja seperti daftar produk yang dibeli, harga, total harga, tanggal dan waktu pembelian, store ID, hingga jenis transaksi. Data inilah yang nantinya bisa membantu pedagang mendapat pencatatan performa penjualan bisnis dan juga memastikan akurasi stok dengan jumlah penjualan produk yang ada.

Untuk menggunakan layanan ini, pedagang cukup menghubungkan perangkat Printer Bluetooth merek apapun dengan gawai yang sudah terinstall Aplikasi Dagang Youtap serta Youtap Printer App. Jika sudah, pengguna bisa langsung mencetak struk yang diinginkan setelah membuat transaksi sampai ke halaman payment notification.

Hanya dengan langkah mudah ini, maka struk belanja hasil penjualan sudah dapat dicetak dan diberikan kepada para pelanggan yang membutuhkan. Sangat mudah, praktis dan akurat.

Lebih lanjut, Herman menuturkan setelah menghadirkan Aplikasi Dagang, Youtap ingin semakin memberi kemudahan pedagang agar bisa memantau bisnisnya melalui multi platform dimanapun mereka berada.

"Dengan begitu, pedagang akan bisa semakin efisien dan menghindari kesalahan-kesalahan pasca transaksi karena semuanya terangkum rapi dalam satu sistem. Ke depan, kami akan terus melakukan pembaruan. Nantinya, merchant juga bisa semakin terbantu dengan kehadiran fitur Outlet Performance agar pedagang yang memiliki toko cabang bisa semakin mudah memantau kinerja tiap cabang," pungkas Herman.

(ads/ads)