Ini Pidato Jack Ma yang Bikin Presiden Xi Jinping Murka - Halaman 2

Ini Pidato Jack Ma yang Bikin Presiden Xi Jinping Murka

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 18 Nov 2020 07:52 WIB
Jack Ma pisah
Jack Ma bergaya ala rock star. Foto: Reuters

Pidato Ma itu turut didengarkan oleh para pejabat top termasuk gubernur bank sentral China, Yi Gang, Wakil Menteri Keuangan Zou Jiayi serta Wang Qishan, tangan kanan Presiden Xi Jinping. Menurut sumber, mereka seperti tertampar karenanya dan langsung mengambil tindakan.

"Jack Ma telah menjadi terlalu arogan. Maka memang mereka perlu mengikatkan tali pada Ant yang telah menjadi monster," sebut seorang bos bank internasional yang meminta anonim.

Presiden Xi Jinping sendiri yang menurut sumber langsung turun tangan meminta IPO Ant dibatalkan hanya 48 jam sebelum jadwal melantai di bursa Hong Kong dan Shanghai.

Tapi pidato itu hanya sebagian alasannya. Ant Financial dengan platform Alipay, telah menjadi layanan fintech raksasa di China yang kian mengancam perbankan termasuk perbankan milik pemerintah, bahkan sistem keuangan di China secara luas.

Kejadian ini, pembatalan IPO sebuah perusahaan raksasa yang didirikan oleh seorang sosok berpengaruh, merupakan pengingat bahwa mengkritik pemerintah China selalu berisiko, siapapun orang yang melontarkannya.

"Partai Komunis China kembali mengingatkan pada semua pebisnis swasta bahwa tak peduli seberapa kaya dan sukses Anda, mereka bisa menggoyang Anda sewaktu-waktu," cetus Bill Bishop, pengamat China.

(fyk/afr)