Solusi Daftar Mandiri GoBiz, UMKM Makin Mudah #MelajuBersamaGojek

Solusi Daftar Mandiri GoBiz, UMKM Makin Mudah #MelajuBersamaGojek

Faidah Umu Sofuroh - detikInet
Rabu, 16 Sep 2020 18:30 WIB
GoBiz
Foto: Dok. Gojek
Jakarta -

Gojek terus membantu perkembangan bisnis UMKM dengan solusi teknologi GoBiz, super app untuk mitra usaha Gojek yang telah menjadi aplikasi andalan untuk menghadapi tantangan keseharian bisnis selama 2 tahun terakhir.

Berdasarkan hasil riset LD FEB UI, lebih dari 90% mitra usaha Gojek mengaku sangat terbantu dengan adanya layanan GoBiz. Inovasi tersebut merupakan bagian dari inisiatif #MelajuBersamaGojek, sebuah solusi inklusif dan komprehensif yang ditawarkan Gojek untuk pelaku UMKM di berbagai skala usaha untuk go digital.

Kini, untuk semakin menjawab kebutuhan UMKM untuk beradaptasi cepat dan mengembangkan usahanya dengan go-digital, layanan GoBiz semakin optimal dengan menghadirkan inovasi Daftar Mandiri. Lewat fungsi ini, mitra UMKM dapat mendaftarkan usaha langsung lewat aplikasi, mengikuti status pendaftaran, dan aktivasi akun mitra usaha GoBiz dengan lebih aman dan mudah.

Head of Merchant Platform Business Gojek Novi Tandjung, mengatakan layanan GoBiz dapat membantu pelaku UMKM untuk melewati masa pemberlakuan PSBB.

"GoBiz adalah bagian dari solusi komprehensif Gojek dalam memfasilitasi pelaku UMKM untuk meraih kesempatan dengan go digital di tengah masa yang penuh tantangan ini. Kami memahami, di tengah pemberlakuan kembali PSBB di ibu kota, misalnya, ada kebutuhan untuk UMKM segera melakukan transformasi digital," kata Novi saat peluncuran inovasi Daftar Mandiri GoBiz, Selasa (15/9/2020).

Novi percaya kemudahan dan keamanan akses dalam proses aktivasi kian mendukung mitra UMKM untuk memulai usaha, beradaptasi dan mampu melebarkan sayap bisnisnya.

"Di aplikasi GoBiz terbaru, mitra UMKM bisa memanfaatkan fungsi Daftar Mandiri untuk melakukan pendaftaran hingga mengecek status verifikasi, dan aktivasi akun secara mandiri." lanjutnya.

Inovasi yang dihasilkan oleh Gojek telah terbukti mempercepat proses digitalisasi UMKM di tengah pandemi, dimana tercatat bergabungnya sekitar 250.000 UMKM kuliner sebagai mitra merchant GoFood di periode Maret sampai Agustus 2020.

Manfaat dari solusi teknologi GoBiz turut dirasakan oleh salah satu mitra usaha GoFood, Pemilik Ayam Si Jagur Sambel Ngajelegur Bandung Eka Sopian, yang memulai usaha kulinernya dengan sebuah warung sederhana dan bermitra dengan GoFood. Kini, belum genap tiga tahun, ia sudah mengelola empat cabang usaha.

"Sebagai pengusaha kuliner, GoBiz adalah aplikasi andalan saya karena aplikasi ini punya semua solusi yang saya butuhkan. Fitur GoBiz andalan saya adalah fungsi pencatatan dan rekap otomatis transaksi di warung, selain cepat dan efisien, layanan otomasi ini sangat membantu sejak usaha saya masih minim jumlah karyawan. Selain itu, untuk menjaga kesetiaan pelanggan, saya rutin membuat promosi mandiri setiap bulan, selain rutin mengikuti periode promo GoFood, dan hal ini sangat mudah dilakukan dengan adanya aplikasi GoBiz dalam genggaman," tuturnya.

Aplikasi GoBiz memberikan kemudahan bagi mitra usaha dalam mengembangkan usaha dan mengatur operasional bisnis dalam satu genggaman, sebagai berikut:

Kemudahan Pengembangan Usaha

  1. Perluasan akses pasar melalui GoFood.

  2. Pembayaran non tunai dengan GoPay dan pembayaran di outlet dengan QRIS.

  3. Pengaturan promosi secara mandiri.

  4. Pengajuan modal usaha.

Kemudahan Operasional Bisnis

  1. Pencatatan dan rekap otomatis seluruh transaksi.

  2. Manajemen resto didukung laporan cepat terintegrasi dengan Point of Sale (POS).

Untuk memulai usaha bersama Gojek, UMKM cukup mengunduh aplikasi GoBiz di Google Playstore (sistem operasi Android) dan mengikuti proses registrasi, verifikasi, hingga aktivasi daring.

Bagi calon mitra usaha yang siap #MelajuBersamaGojek, bisa mengunduh aplikasi GoBiz di Google PlayStore atau cari tahu lebih lanjut tentang berbagai inovasi yang ditawarkan GoBiz untuk mitra usaha di www.gobiz.co.id/daftar.



Simak Video "Gojek Kembangkan Teknologi Verifikasi Wajah untuk Keamanan Driver"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/fay)