Sirclo Dapat Pendanaan USD 6 Juta

Sirclo Dapat Pendanaan USD 6 Juta

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 04 Sep 2020 12:12 WIB
Sirclo
Foto: Dok. Sirclo
Jakarta -

Sirclo mendapat pendanaan seri-B senilai USD 6 juta atau sekitar Rp 88 miliar dari sejumlah perusahaan, yaitu East Ventures, OCBC NISP Ventura, Skystar Capital, Sinar Mas Land, dan lainnya.

"Kami sangat berterima kasih kepada para investor yang telah berpartisipasi dalam pendanaan Seri-B. Kami menggunakan suntikan dana ini untuk membantu memperkuat infrastruktur internal agar terus stabil dalam mengakomodasi pelaku bisnis yang semakin banyak memasuki e-commerce, termasuk klien-klien yang telah mempercayai kami," kata Brian Marshal, CEO dan Founder Sirclo dalam keterangan yang diterima detikINET.

Suntikan dana ini menurut Brian hadir di momen yang tepat bagi Sirclo, yang merupakan perusahaan ecommerce enabler. Yaitu karena bisnis ecommerce saat ini tengah tumbuh dengan pesat di tengah pandemi Corona.

Selama pandemi ini, tercatat transaksi belanja online meningkat sampai 400%. Bahkan dalam laporan ecommerce Sirclo Insights 2020 dijelaskan bahwa ada 12 juta pengguna ecommerce baru sejak terjadinya pandemi ini, dan 40% di antaranya bakal terus mengandalkan ecommerce setelah pandemi berakhir.

Brand-brand yang selama ini mengandalkan kanal penjualan tradisional pun terdorong untuk memasuki platform online agar bisa menjangkau konsumen dengan lebih baik. Karena itu, sebagai perusahaan spesialis yang mengatur kanal penjualan online para brand, maka Sirclo menjadi solusi tepat dan diperkirakan dapat meningkatkan performa bisnis di tengah pandemi.

"Sirclo berada pada waktu dan posisi yang tepat dalam masa pandemi ini. Dengan kemampuan yang sudah dibangun sebelum masa pandemi, Sirclo membantu akselerasi transformasi digital yang sedang terjadi di negeri ini," jelas Willson Cuaca, Co-founder dan Managing Partner di East Ventures.

Sirclo bisa dibilang adalah jembatan antara brand ritel dan para konsumen melalui jasa Sirclo Commerce. Lini bisnis yang satu ini memfasilitasi seluruh proses penjualan online, mulai dari pengaturan stok, proses pemesanan, pengiriman produk, sampai layanan konsumen.

Dengan begitu, brand bisa mengandalkan Sirclo untuk menjadi solusi lengkap ketika ingin berjualan secara online, baik melalui marketplace, chat commerce seperti Whatsapp Business, ataupun website sendiri. Selama masa pandemi, Sirclo juga terus mengoperasikan fasilitas fulfillment center seperti biasa, untuk memastikan bahwa semua produk bisa terdistribusi dengan baik.

SircloSirclo Foto: Dok. Sirclo

"Pendanaan kami di Sirclo bertujuan untuk mendukung misi Sirclo dalam membantu pemilik bisnis di Indonesia memasuki pasar digital dan mendukung perkembangan e-commerce. Bisnis dari berbagai skala seringkali kurang memiliki keahlian yang dibutuhkan untuk transisi dari offline ke online. Dengan berkolaborasi bersama Sirclo, mereka mampu mendapatkan dukungan yang dibutuhkan untuk membuat website, mengelola berbagai platform marketplace, dan mengelola aspek logistik, sehingga pemilik usaha dapat berfokus penuh dalam menguatkan brand image mereka," ungkap Darryl Ratulangi, Managing Director OCBC NISP Ventura.

"Sebagai e-commerce enabler terdepan di Indonesia, Sirclo ingin terus memberikan layanan dan solusi terbaik bagi brand untuk mengembangkan bisnis secara online. Melalui pendanaan ini, kami terus meningkatkan kapabilitas dan jangkauan, agar bisa membantu semakin banyak brand di Indonesia. Kami juga optimis bahwa transaksi belanja online akan terus meningkat di masa depan, bahkan setelah pandemi berakhir," tutup Brian.



Simak Video "Banyak yang Tutup, Toko Konvensional Bisa Coba Marketplace"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)